Perusahaan Asal Blora Berhasil Ekspor Daun Kelor 2 Ton Sampai Negeri Jiran, Ini Dia Manfaat Kesehatan dari Daun Kelor

Perusahaan Asal Blora Berhasil Ekspor Daun Kelor 2 Ton Sampai Negeri Jiran, Ini Dia Manfaat Kesehatan dari Daun Kelor (freepik.com/yusufsangdes)

JAKARTA - Baru-baru ini ramai dikabarkan perusahaan yang berdomisili di Blora, Jawa Tengah yaitu CV Argo Sehat Nusantara berhasil mengekspor dua ton daun kelor ke Kuala Lumpur, Malaysia. Dari ekspor yang terlaksana pada tanggal 7 Mei 2024 lalu, negara mendapatkan devisa ekspor sebesar Rp150 juta dan menorehkan keberhasilan Indonesia dalam memperluas pasar daun kelor sampai mancanegara.

CV Argo Sehat Nusantara berhasil mengekspor dua ton daun kelor ke Kuala Lumpur, Malaysia. 

Seperti yang dilansir dari laman resmi Bea Cukai, dalam kegiatan ekspor itu, petugas Bea Cukai Yogyakarta turut membantu pengurusan dokumen ekspor milik CV Argo Sehat Nusantara. Setelah pengurusan dokumen ekspor, produk daun kelor yang dikemas dalam kondisi telah dikeringkan dan dirajang untuk mempertahankan kualitasnya tersebut juga harus melewati pemeriksaan kualitas dari Balai Karantina Pertanian Yogyakarta. Dalam inspeksinya, Balai Karantina bertugas memastikan bahwa produk yang akan diekspor bersih dari serangga dan jamur. Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab negara dalam mengirimkan produk tumbuhan ke negara lain.

Produk ekspor tersebut kemudian dikirim melalui jalur udara menggunakan pesawat Air Asia di Yogyakarta International Airport. "Ini merupakan ekspor keempat yang dilaksanakan CV Argo Sehat dengan negara tujuan Malaysia. Ke depannya, pihak perusahaan berencana mencoba mengekspor komoditas lain ke negeri jiran tersebut. Bea Cukai Yogyakarta pun siap membantu mewujudkan hal itu dengan melaksanakan asistensi ekspor untuk CV Argo Sehat," tutup Riri, seperti yang dikutip dari Bea Cukai pada Senin, 27 Mei 2024.

Terlepas dari hal itu, tanaman kelor sendiri adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Bahkan, daun kelor memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut penjelasannya.

Manfaat Kesehatan dari Daun Kelor

Seperti yang dilansir dari Healthline, berikut beberapa khasiat dari daun kelor yang perlu Anda ketahui.

1. Kaya Akan Gizi

Daun kelor yang memiliki nama ilmiah Moringa oleifera ini hampir seluruh bagian pohonnya dapat dimakan atau dijadikan sebagai bahan obat herbal tradisional. Daun kelor juga telah terbukti menjadi sumber vitamin dan mineral.

Setiap satu cangkir atau 21 gram daun kelor segar yang dicincang mengandung 2 gram protein, vitamin B6 19% dari RDA (recommended dietary allowances), vitamin C 12% dari RDA, zat besi 11% dari RDA, riboflavin (B2) 11% dari RDA, vitamin A (dari beta-karoten) 9% dari RDA, dan magnesium 8% dari RDA.

2. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan adalah suatu senyawa yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Beberapa senyawa tanaman antioksidan juga ditemukan pada daun kelor, seperti quercetin yang membantu menurunkan tekanan darah dan asam klorogenat yang dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Ekstrak daun kelor juga dapat digunakan sebagai bahan pengawet makanan. Hal itu bekerja dengan cara mengurangi oksidasi sehingga meningkatkan umur simpan daging.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Gula darah yang tinggi dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius, seperti diabetes. Selain itu, kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan yang serius termasuk penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kadar gula darah Anda dalam batas yang sehat.

Menariknya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa daun kelor mampu membantu menurunkan kadar gula darah. Meski begitu, sebagian besar hal itu berdasarkan penelitian pada hewan, dan hanya ada sedikit penelitian dengan objek manusia.

4. Mengurangi Peradangan atau Inflamasi

Peradangan atau inflamasi adalah suatu respon alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Peradangan sendiri adalah suatu mekanisme perlindungan yang penting tapi dapat menjadi masalah kesehatan yang serius jika berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

Tak hanya itu, peradangan yang berkelanjutan juga terkait dengan banyaknya masalah kesehatan kronis termasuk penyakit jantung dan kanker.

Para ilmuwan meyakini bahwa kandungan isothiocyanates adalah suatu senyawa anti-inflamasi utama yang dapat ditemukan pada daun kelor, polong, dan biji kelor.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya sekarang sudah ada makanan nabati yang efektif menurunkan kolesterol, seperti flaxseeds, oats, dan almond. Tidak hanya itu, daun kelor yang diujikan kepada hewan dan manusia juga memiliki efek penurunan kadar kolesterol yang serupa.

Itu tadi beberapa manfaat kesehatan yang dikandung oleh daun kelor. Apakah Anda tertarik untuk mencoba mengonsumsinya?

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories