Perhatikan Hal Ini Sebelum Mudik Pakai Mobil Listrik

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mudik Pakai Mobil Listrik (antara)

JAKARTA- Pemerintah akhir-akhir ini tampaknya menggenjot pengunaan kendaraan listrik termasuk mobil listrik. Di musim mudik lebaran 2024 mobil listrik ternyata juga bisa menjadi salah satu pilihan kendaraan untuk mudik yang lebih rendah emisi.

Penggunaan mobil listrik untuk mudik ke kampung halaman memiliki beberapa keunggulan, seperti bisa menghemat ongkos dibanding membeli kendaraan berbahan bakar fosil.

Namun sebelum Anda menggunakan kendaraan listrik untuk mudik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sama seperti Anda menggunakan mobil listrik. Mengutip berbagai sumber, ini tips yang bisa Anda lakukan jika memilih mudik menggunakan kendaraan listrik.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik dengan Mobil Listrik

Cek Kondisi Mobil

Sama seperti mudik menggunakan kendaraan pribadi biasa, saat pulang kampung dengan membawa mobil listrik, hal pertama yang wajib dilakukan sebelum mudik adalah mengecek kondisi mobil.

Pemilik mobil listrik perlu lebih jeli mengecek komponen-komponen apakah masih normal atau sudah rusak. Jika menemukan ada kerusakan, maka segera servis mobil Anda terlebih dahulu sebelum mudik. Pastikan semua komponen berfungsi dengan baik, mulai dari rem, ban, baterai, dan sebagainya. Anda juga perlu memperhatikan perawatan mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional.

Cari Titik SPKLU

Dalam menggunakan mobil listrik selain komponen harus juga mengecek di mana posisi pengisian daya ulang. Pasalnya tak seperti pom bensin yang Ada di setiap Rest Area, lokasi pengisian daya listrik terbilang masih minim iya Anda harus mempertimbangkan lagi untuk kecukupan baterai mobil listrik terlebih untuk mudik jarak jauh.

Anda dapat mengeceknya melalui laman resmi PLN, Jasa Marga tahun ini menyediakan 25 SPKLU hingga para entitas pemilik tol. Untuk menghemat baterai Anda dapat menyalakan hemat daya di mobil listrik menemukan SPKLU.

Perhatikan Batasan Kecepatan

Hal lain yang wajib Anda perhatikan saat mudik menggunakan mobil listrik adalah batas kecepatan. Anda perlu selalu memperhatikan batasan kecepatan saat mengemudi. Jangan overcharge atau terlalu sering mengisi ulang daya baterai mobil listrik karena dapat memperpendek umur baterai.

Perhatikan Suhu Kendaraan

Sebagai pengguna mobil listrik pasti anda mengetahui bahwa suhu udara yang ekstrem akan mempengaruhi kinerja baterai mobil listrik.

Pastikan Anda menghindari tempat yang memiliki suhu terlalu panas atau terlalu dingin. Ingat, jangan membiarkan mobil listrik terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama. Cek kembali untuk memastikan pendingin mobil berfungsi dengan baik.

Perlu menjadi perhatian bagi masyarakat, seperti tahun sebelumnya selama penyelenggaraan arus mudik dan balik lebaran 2024 ada aturan maksimal 30 menit berada di rest area. Hal ini bisa jadi dilema buat pengguna mobil listrik yang ingin ngecas di SPKLU.

Maka hal tersebut bisa menjadi pertimbangan apakah akan menggunakan mobil listrik ataupun mobil konvensional. Selain itu jumlah SPKLU yang terbatas dan juga kepadatan yang ada itu agar sebelum melakukan perjalanan dipertimbangkan kembali.

Berbeda halnya bila mudik sebelum arus puncak dimana kondisi rest area tidak terlalu ramai, dan sebagai informasi puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 6 April 2024, sedangkan arus balik pada 15 April 2024.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 28 Mar 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories