Mulai dari Es Krim hingga Tempe Orek, Inilah Makanan Favorit 14 Pemimpin Dunia

Mulai dari Es Krim hingga Tempe Orek, Inilah Makanan Favorit 14 Pemimpin Dunia (Reuters/Kevin Lamarque)

JAKARTA – Saat Anda melihat sosok para pemimpin dunia, biasanya pembicaraan lebih berpusat pada gaya kepemimpinan mereka, menganalisis politik, hingga prestasinya. Tapi bagaimana dengan makanan favorit para pemimpin di seluruh dunia? Pernahkah kalian terpikirkan kira-kira apa saja makanan favorit mereka?

Berbicara tentang makanan favorit tidak hanya sebatas tentang rasa yang enak di lidah, melainkan juga terkait dengan pengalaman dan kenangan pribadi yang sangat berarti. Lantas apa saja makanan favorit para pemimpin dunia? Artikel ini akan membahas mengenai makanan favorit para pemimpin dunia. Untuk lebih lanjut, yuk simak artikel berikut!

Dilansir dari Tasting Table, berikut ini adalah makanan favorit para pemimpin dunia.

Makanan Favorit Pemimpin Dunia

Paus Fransiskus

Wajar jika kebanyakan orang mengira pemimpin Gereja Katolik hanya makan roti, ikan, dan sayur-sayuran. Meskipun Paus Fransiskus memang lebih sering mengonsumsi makanan sederhana seperti ayam panggang, salad, buah-buahan, dan sedikit anggur, sebenarnya ada lebih banyak variasi dalam makanannya.

Dia sangat menyukai makanan di tempat tinggalnya di Roma, terutama pasta dan pizza. Sayangnya, dia tidak bisa sering makan keduanya. Dokter di Vatikan menyarankannya untuk mengurangi konsumsi pasta demi kesehatan.

Selain makanan pokok Italia, pemimpin agama kelahiran Buenos Aires ini juga menyukai daging, maté (minuman herbal kaya kafein), dan alfajores—makanan penutup dengan dulce de leche di antara dua kue.

Vladimir Putin

Informasi pribadi tentang Putin  jarang kita ketahui, namun menurut Anya von Bremzen, seorang penulis kuliner yang lahir di bekas Uni Soviet, mengklaim bahwa orang-orang Soviet di generasi Putin sangat menyukai es krim hingga mereka memakannya saat musim dingin di bawah nol derajat di Rusia.

Putin cukup bungkam tentang kehidupannya, namun beberapa laporan menyebutkan pistachio sebagai rasa favoritnya.

Sebagai bukti lebih lanjut ketertarikan Putin terhadap makanan penutup beku, ia terlihat mentraktir Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan beberapa batang es krim selama kunjungan kenegaraan tahun 2019. Pada tahun yang sama, dia memberikan es krim Rusia kepada presiden China Xi Jinping sebagai hadiah ulang tahun.

Meski kesukaan Putin terhadap makanan penutup sudah diketahui banyak orang, kebiasaan kulinernya yang lain masih dirahasiakan. Apa yang kita tahu adalah dia menghindari alkohol dan makanan manis, dan mempekerjakan seorang pencicip makanan untuk memeriksa racun.

Fumio Kishida

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida (Reuters/Bing Guan)

Makanan favorit Fumio Kishida adalah okonomiyaki, yaitu panekuk gurih khas Jepang yang terbuat dari campuran tepung, telur, kubis, dan berbagai lauk lainnya. Hal ini terungkap melalui akun media sosial X, di mana ia mengunggah foto okonomiyaki sebagai menu makan malam saat pemilihannya.

Bersamaan dengan foto itu, Kishida membuat cuitan, “Saat aku sampai rumah, istriku Yuko membuatkanku okonomiyaki, karena aku mengatakan bahwa aku menyukai hidangan ini... okonomiyaki selalu sangat lezat, namun hari ini benar-benar lezat hingga aku tidak akan melupakannya seumur hidup.”

Joe Biden

Untuk pilihan makanan, Biden biasanya mengonsumsi menu sederhana seperti sup dan salad untuk makan siang, serta pasta dengan saus marinara untuk makan malam.

Bahkan bahan pokok di dapurnya (saus tomat, selai kacang, jeli, irisan keju, dan jeruk Gatorade) lebih terlihat seperti daftar belanjaan anak prasekolah daripada makanan bagi pemimpin dunia bebas.

Seperti Vladimir Putin, Joe Biden juga menyukai es krim. Biasanya, Biden menyimpan stok es krim vanilla chocolate chip Häagen-Dazs di Gedung Putih. Selain itu, es krim dari toko Jeni's Splendid Ice Cream di Columbus, Ohio, juga menjadi favoritnya.

Andrés Manuel López Obrador

Daripada taco atau enchiladas, presiden Meksiko ini lebih menyukai barbacoa. Ia bahkan mengaku mengetahui hampir semua restoran barbacoa di Meksiko.

Barbacoa tradisional dibuat dengan membungkus domba utuh dalam daun maguey dan dipanggang di atas api terbuka. Daun maguey ini memberikan rasa mirip tequila saat dimasak bersama daging berlemak.

Versi Meksiko dari barbacoa bisa dibuat dari daging domba, kambing, atau sapi. Sebelum dimasak, dagingnya dimarinasi dengan cabai guajillo, cabai ancho, jintan, dan cengkeh kering.

Setelah matang, barbacoa biasanya dimakan dengan molé, saus yang terbuat dari coklat hitam, cabai, dan rempah-rempah. Dagingnya bisa dimakan sendiri atau digunakan sebagai isian tortilla.

Jacinda Ardern

Melawan tren pola makan dan saran nutrisi, mantan perdana menteri Selandia Baru ini ternyata sangat menyukai segala jenis makanan berbahan dasar keju. Dalam wawancaranya dengan Stuff New Zealand, Ardern menyebutkan kecintaannya pada keju fondue selama perjalanan ke Jenewa, meskipun suhu di luar sangat panas.

Ardern melanjutkan dengan mengatakan, risotto adalah hidangan andalannya saat memasak makan malam romantis karena mengandung keju dan karbohidrat.

Meskipun keju dan karbohidrat berada di urutan teratas, Ardern juga menghargai hidangan yang lebih sehat. Misalnya, dia menyumbangkan resep ikan favorit keluarga dengan terong, almond, dan lemon yang diawetkan sebagai bagian dari buku masak penggalangan dana amal.

Kim Jong-Un

Berbeda dengan rakyatnya yang gemar makan nasi, kimchi, tahu, atau sayuran khas Korea Utara, Kim Jong Un lebih menyukai hidangan internasional. Dia adalah penggemar berat keju Emmental, keju kuning berongga dan bertekstur keras dari Swiss. Kecintaannya pada keju ini bahkan menyebabkan asam uratnya meningkat karena terlalu banyak mengonsumsinya.

Ketika tidak memakan keju, pemimpin Korea Utara ini menikmati sushi, terutama sushi roll yang berisi torro, bagian lemak dari perut ikan tuna.

Kalau soal minuman, minuman favoritnya adalah kopi Brazil. Menurut data dari The Daily Mirror, pada tahun 2017, dia menghabiskan lebih dari 900 ribu USD untuk mengimpor biji kopi Brazil. Kim juga tidak segan-segan meminum berbagai jenis alkohol. Favoritnya termasuk vodka Rusia, sampanye Cristal, cognac Hennessy, dan anggur Bordeaux.

Yoon Suk Yeol

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (Reuters/Evelyn Hockstein)

Dibesarkan oleh sosok ibu yang pandai memasak, Yoon Suk Yeol juga mengembangkan keahlian memasaknya dan gemar berbagi makanan.

Ia sangat mahir membuat berbagai hidangan tradisional Korea, seperti gyeran mari (telur dadar gulung mini berisi sayuran dan nori), kimchi jjigae (rebusan kimchi pedas dengan daging babi, daun bawang, dan tahu), serta bulgogi (daging sapi berbumbu yang dimasak di atas wajan).

Kimchi jjigae juga merupakan salah satu hidangan favorit presiden, jadi masuk akal jika dia tahu cara membuatnya dengan baik. Dia menyukai doenjang jjigae, sup klasik yang dibuat dengan bahan dasar pasta kedelai yang difermentasi, dan juga penggemar janchi guksu, hidangan berbahan mie yang disajikan di atas kaldu ikan teri.

Emmanuel Macron

Ketika bicara soal makanan, pemimpin Prancis ini lebih menyukai menu yang simpel. Alih-alih memilih foie gras atau beef bourguignon, Macron lebih menyukai cordon bleu, sebuah hidangan yang terbuat dari daging ayam atau daging sapi muda gulung yang diisi dengan keju Swiss dan ham, lalu digoreng.

Karena sangat menyukai cordon bleu, ia bahkan mencoba memesannya saat sedang kampanye pada tahun 2017. Namun, rencana ini gagal karena pelayannya mengatakan bahwa hidangan tersebut hanya tersedia untuk anak-anak.

Seperti orang Prancis kebanyakan, Macron juga menyukai anggur, terbukti dari koleksinya yang mencakup 14 ribu botol anggur di kebun anggur sekitar Hexagon untuknya.

Halimah Yacob

Dalam sebuah wawancara dengan Discover Singapore, Halimah Yacob terbukti sebagai penggemar berat makanan.

Ia merasa kesulitan dalam menentukan makanan favoritnya, namun jika harus dipilih, Yacob memilih mee rebus, mi kuah khas Malaysia dengan kuah berbahan dasar ubi, bubuk kari, dan udang sebagai salah satu favoritnya. Ia juga menyukai laksa, sup bihun pedas khas Malaysia, dan nasi lemak, hidangan nasi kelapa gurih khas Malaysia yang disajikan dengan ikan teri goreng, kacang panggang, dan mentimun.

Selain makanan berat, mantan presiden Singapura ini juga menikmati hidangan pencuci mulut, seperti tau suan dan pisang goreng. Tau suan adalah sup manis bertekstur lengket yang terbuat dari kacang hijau dan disajikan bersama you tiao, kerupuk goreng China.

Dalai Lama

Sulit membayangkan seseorang sesuci Dalai Lama melakukan sesuatu yang mendasar seperti makan, namun ternyata makanan adalah bagian sentral dalam kesehariannya. Saat sarapan, ia menikmati bubur, roti, dan tsampa (bubuk jelai yang digiling dicampur dengan teh).

Ia sering mengakhiri hari kerjanya dengan secangkir bho jha, teh mentega khas Tibet. Minuman krim ini dibuat dengan merebus teh pu’erh hitam bersama garam dan mentega fermentasi.

Untuk makanan berat, Dalai Lama menyukai mie, termasuk thukpa, sup mie Tibet yang dibuat dengan sayuran dan daging. Hidangan mie lainnya seperti gya-thuk dan kemudian thuk juga menempati peringkat tinggi dalam daftar makanan favoritnya.

Benjamin Netanyahu

Perdana menteri Israel yang sudah lama menjabat ini menyukai es krim, terutama vanilla dan pistachio. Netanyahu sangat menyukai makanan yang mengandung krim sehingga pada tahun 2013 ia dilaporkan menghabiskan $2.700 di Metudela Parlor, sebuah perusahaan es krim di Yerusalem.

Ketika dia tidak makan makanan dingin, Netanyahu dilaporkan mengikuti pola makan yang relatif sehat, mengemil kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Selama waktu makan, PM memastikan mengisi piringnya dengan buah-buahan dan sayur-sayuran.

Narendra Modi

Perdana Menteri India Narendra Modi (Reuters.com/Aurelien Morissard)

Meskipun terdapat banyak pilihan makanan di kampung halamannya, perdana menteri di benua ini memiliki selera yang sederhana dan menjalankan pola makan vegetarian.

Beberapa makanan yang paling disukai Modi antara lain khichdi, hidangan nasi dan miju-miju satu panci; bhindi kadhi, sup berbahan dasar yogurt yang dibuat dengan tepung buncis; dan rawa masala dosa, crepes tipis dan aromatic.

Untuk camilan, pilihan Modi jatuh pada dhokla, makanan ringan khas Gujarat yang terbuat dari tepung gram, dadih, lemon, dan gandum hitam.

Meskipun ia mengkonsumsi makanan yang sangat seimbang, Modi menyukai makanan penutup. Seperti mishri mawa, makanan penutup Rajasthani yang terbuat dari gula, almond, dan kapulaga; badam halwa, puding tradisional yang terbuat dari almond, gula, dan kunyit; dan mysore pak, batangan padat yang menggunakan ghee, gula, tepung garam, dan kapulaga.

Joko Widodo

Mengenai makanan favoritnya, Jokowi memiliki kecintaan pada masakan rumahan. Presiden sangat menyukai soto ayam, bahkan menjadi pelanggan tetap Soto Gading dan Soto Triwindu di Solo. Selain itu, ia juga menikmati sayur bening bayam, orek tempe, tumis pepaya muda, dan berbagai hidangan khas Indonesia lainnya.

Itu dia makanan favorit para pemimpin dunia, apakah ada yang serupa dengan makanan favorit kalian?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 02 Jun 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories