Meski Sulit, Ini Cara Menjalin Pertemanan Saat Dewasa

Meski Sulit, Ini Cara Menjalin Pertemanan Saat Dewasa (Freepik.com/tirachardz )

JAKARTA - Saat ini orang-orang dewasa memang sering mengeluhkan masalah semakin sempitnya circle pertemanan seiring bertambahnya usia. Hal itu, mungkin juga akan menimbulkan masalah kesepian.

Seperti yang dilansir dari laman Shape, penelitian menunjukkan bahwa berkurangnya hubungan sosial dapat merusak segalanya, mulai dari kualitas tidur hingga kognitif. Bahkan, hal tersebut dapat meningkatkan peluang kematian.

Sebuah meta analisis tahun 2015 dari tim Holt-Lunstad menemukan bahwa perasaan kesepian bisa berpengaruh, bahkan lebih berdampak terhadap risiko kesehatan dan kematian seseorang seperti halnya masalah lainnya seperti merokok, obesitas, penyalahgunaan alkohol, dan olahraga.

Mengapa hubungan dapat berpengaruh pada kesehatan kita? Hal ini karena jika teman Anda memiliki kebiasaan yang sehat, kemungkinan besar Anda juga akan memiliki kebiasaan hidup yang sehat, begitu juga sebaliknya.

Selain itu, dukungan sosial juga memberi Anda perasaan akan makna dan tujuan dalam hidup Anda yang dapat berarti membuat Anda mau merawat diri lebih baik dan mengambil risiko yang lebih sedikit.

Tak hanya itu, hubungan juga mengubah fisiologi kita dengan cara yang sangat nyata. Saat kita berada di hadapan orang lain, terutama seseorang yang dekat dan kita percayai, kita memiliki respon kardiovaskular, neuroendokrin, dan kekebalan yang berbeda terhadap hal-hal seperti stres.

Cara Berteman Saat Dewasa

Melihat berbagai dampak positif yang ditimbulkan dari memiliki pertemanan saat dewasa, Anda tentu juga ingin menjalin pertemanan yang sehat. Berikut caranya.

1. Berhubungan Kembali dengan Teman dan Kenalan Lama

Untuk menjalin pertemanan di masa dewasa, hubungilah teman-teman lama yang sudah tidak lagi berhubungan dengan Anda. Menurut penelitian, ketika Anda berinteraksi dengan seseorang yang pernah terhubung dengan Anda, Anda memiliki kepercayaan lebih besar saat terhubung kembali.

2. Hubungi Orang-orang yang Sering Anda Temui Sehari-hari

Jika Anda sudah kehabisan teman di masa lalu, dan masih ingin berteman setelah dewasa, Anda sebaiknya mencari orang asing atau kenalan yang sering Anda temui, seperti tetangga, rekan kerja, barista kedai kopi Anda, dan sebagainya.

Mencoba mengubah orang-orang yang sudah dekat secara fisik atau sering Anda temui menjadi teman cenderung membuahkan hasil yang besar. 

3. Gunakan Media Sosial untuk Kebaikan

Media Sosial adalah alat yang sangat baik untuk menghubungkan kita dengan orang-orang yang mungkin tidak kita temui secara langsung. 

4. Bertemu Secara Konsisten

Minum kopi bersama orang yang cocok dengan Anda setiap dua bulan sekali tidak akan membuat persahabatan Anda bertahan, Semakin Anda bisa mengatur waktu secara rutin untuk berkumpul, semakin dalam hubungan yang bisa terjalin.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjalin pertemanan saat dewasa.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories