Menguak Profil dan Kekayaan YouTuber IShowSpeed yang Sekarang Sedang Viral

Singgung Mulyono, Ini Profil dan Kekayaan YouTuber IShowSpeed (instagram.com/ishowspeed)

JAKARTA – YouTuber IShowSpeed akhir-akhir ini menjadi perbincangan di media sosial, terutama karena aktivitasnya yang berkunjung ke Indonesia dalam rangka tur Asia Tenggara.

Pada Kamis, 19 September 2024, Speed tiba di Indonesia dan langsung melakukan siaran langsung di kanal YouTube-nya. Live streaming tersebut berlangsung selama 3 jam 47 menit dan telah mengumpulkan 23 juta views.

Di Jakarta, Speed sempat mengunjungi Kota Tua dan melakukan berbagai aktivitas, termasuk mengunjungi rumah hantu. Dalam unggahan Instastorynya, Speed menyampaikan terima kasih kepada para penggemarnya di Jakarta.

“1 juta penonton dan 500 ribu pengikut dalam satu video live stream. Indonesia, kalian gila. Aku cinta kalian semua. Terima kasih sudah menonton hari ini. Kalian membuat salah satu mimpi besarku di industri streaming terwujud,” ujarnya. 

Speed mengakhiri perjalanannya di Indonesia dengan mengunjungi Yogyakarta. Di kota tersebut, ia melakukan berbagai aktivitas, seperti bermain gendang, minum jamu, dan belajar membatik.

Speed menjelaskan, ada top momen terbaik selama perjalanannya di Indonesia. Pertama, ia bertemu dengan (figura) Ronaldo. Kedua, ia berhasil mendapatkan satu juta subscriber, dan yang ketiga, mencapai satu juta penonton selama live streaming. Ia juga menyatakan niatnya untuk kembali ke Indonesia, khususnya ke Papua.

Dalam kunjungannya di Yogya, ia belajar kosakata baru untuk meminta massa agar tak terlalu mengerumuninnya, yaitu ‘Minggir Lu Miskin.’ Selain itu, ia juga mengucapkan ‘Mulyono.’

Entah siapa yang mengajarkan Speed kosakata ‘Minggir Lu Miskin’, tapi dia menghapalnya dan benar-benar mengucapkannya ketika beberapa penggemar mencoba mendekatinya. Ucapannya itu kemudian menjadi trending topic di X.

Mengenai hal tersebut, sebenarnya siapa sih IShowSpeed itu?

Profil IShowSpeed

Darren Jason Watkins Jr., yang lebih dikenal dengan IShowSpeed, baru-baru ini tengah menjadi sorotan. Ia berasal dari Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat. Speed adalah YouTuber yang awalnya sering membuat konten bermain game dan hiburan.

Popularitasnya melonjak terutama melalui platform streaming video game seperti Roblox, Fortnite, NBA 2K dan FIFA.

Speed memiliki kanal YouTube bernama IShowSpeed yang dibuat pada Maret 2016. Menurut pantauan TrenAsia, dia telah mengunggah lebih dari 1.400 video. Per 23 September 2024, kanal YouTube-nya telah memiliki 31,8 juta subscribers.

Speed juga dikenal sebagai penggemar berat Cristiano Ronaldo. Dia beberapa kali menonton pertandingan sepak bola dan pernah tampil di acara sepak bola amal pada 2022, di mana dia bertemu dengan idolanya, CR7.

Walaupun terkenal karena konten video gamenya, Speed juga menarik perhatian karena perilaku kontroversialnya saat siaran langsung, termasuk komentar kasar dan misoginis terhadap pemain lainnya.

Pada tahun 2021, dia dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap Ash Kash dalam acara live streaming kencan online di Twitch. Akibatnya, akun Twitch miliknya diblokir secara permanen. Setahun kemudian, dia juga dilarang bermain game Valorant setelah video yang menunjukkan dirinya berteriak dengan komentar seksis kepada pemain perempuan.

Karier IShowSpeed di dunia digital dimulai ketika ia bergabung dengan YouTube pada tahun 2016, diikuti dengan streaming di Twitch pada tahun 2017. Meskipun awalnya memiliki sedikit penonton, ketenarannya mulai meningkat pesat pada tahun 2021, ketika ia berhasil mencapai 100.000 pelanggan.

Walaupun sering menghadapi kontroversi, IShowSpeed tetap mampu mempertahankan popularitasnya dan kini menjadi salah satu tokoh terkenal di dunia streaming dan YouTube.

Kekayaan IShowSpeed

Dikenal sebagai YouTuber, streamer, dan rapper, IShowSpeed memiliki kekayaan mencapai US$10 juta atau sekitar Rp153,12 miliar. Meski angka konkretnya belum diketahui, sebagian besar nilai ini berhubungan dengan kesepakatan sponsor dan dukungan, serta perjanjian streaming yang dimiliki oleh YouTuber tersebut.

Di YouTube, Speed rutin mengunggah konten tentang berbagai topik, mulai dari perjalanan, challenge, hingga kehidupan sehari-harinya. Bahkan, ia juga telah merilis beberapa lagu yang diunggah di kanal YouTube miliknya. Penghasilan dari YouTube, termasuk dari AdSense, tentu memberikan kontribusi signifikan pada kekayaannya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 23 Sep 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories