Kehilangan Salah Satu AirPods Anda? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya

Kehilangan Salah Satu AirPods Anda? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya (Pexels.com/Ready Made)

JAKARTA - AirPods adalah salah satu perangkat yang kini digunakan banyak orang untuk menggantikan headset, headphone, atau earphone. Namun, mengingat ukurannya yang kecil, banyak orang yang sering salah menempatkan AirPods.

Jika Anda memasukkan AirPods ke dalam saku atau menemukan satu kuncup jadi lebih longgar di telinga Anda daripada yang lain, Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk kehilangan satu AirPods.

Ketika Anda mengalami hal ini, jangan panik atau khawatir. Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Salah Satu AirPods yang Hilang

Gunakan Find My

Hal terbaik pertama yang bisa Anda lakukan untuk menemukan AirPods Anda yang hilang adalah dengan mencoba menemukannya menggunakan aplikasi Apple, Find My.

Cara melakukannya, adala buka aplikasi Find My di iPhone, iPad, atau Mac Anda. Kemudian, klik tab Devices, yang kemudian Anda bisa melihat berbagai perangkat Apple yang menggunakan akun Apple ID yang sama dan mengaktifkan Find My. Setelah itu, pilih AirPods Anda dari daftar, kemudian cukup pilih bud Anda yang terlihat hilang atau tidak Anda simpan.

Anda akan melihat daftar opsi untuk membantu Anda menemukan AirPods yang hilang, seperti memutar suara atau mendapatkan arahan. Anda juga bisa mengaktifkan Lost Mode dari Apple di menu tersebut. Dengan cara ini, Anda akan diberitahu ketika seseorang menemukan AirPods Anda dan orang yang menemukan AirPods Anda dapat melihat detail kontak Anda.

Pilih Penggantian

Jika fitur "Find My" tidak diaktifkan pada perangkat Apple yang terhubung dan Anda tidak dapat menemukan AirPods yang hilang dengan menelusuri kembali langkah-langkah Anda, pilihan terbaik berikutnya adalah menggantinya. 

Seperti yang dilansir dari Makeuseof, menurut tools "Get an Estimate" dari Apple, jika Anda memiliki AirPods generasi pertama, kedua, atau ketiga, biaya penggantian AirPods sekitar U$69. 

Untuk AirPods Pro generasi pertama atau kedua, biaya penggantian sekitar US$89. Harga ini berlaku bahkan jika Anda membayar untuk paket garansi tambahan AppleCare+ saat membeli AirPods Anda.

Dapatkan AirPods Baru 

Membeli AirPods baru biasanya merupakan pilihan yang lebih baik daripada menghabiskan US$69 atau US$89 untuk satu pengganti. 

Jika Anda sudah menggunakan AirPods selama beberapa tahun dan memiliki model lama (seperti AirPods generasi pertama atau AirPods Pro), mungkin sudah saatnya untuk memulai dari awal dan meningkatkan ke model yang lebih baru. 

Model-model baru sering memiliki peningkatan seperti fitur active noise cancellation (ANC) yang lebih baik, daya tahan baterai yang lebih lama, dan lainnya. Meskipun membeli AirPods baru akan lebih mahal daripada satu AirPods pengganti, fitur-fitur baru tersebut pada akhirnya membuat investasi ini sepadan. 

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika salah satu perangkat AirPods Anda hilang.

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories