Manfaatkan Teknologi Digital, Sri Mustika Mampu Raup Jutaan Rupiah per Bulan

Ruang produksi tas rotan yang dikembangkan Wayan Sri Mustik di Sukawati, Gianyar. (Balinesia.id/oka)

Gianyar, Balinesia.id – Seorang ibu rumah tangga di Sukawati, Gianyar, Wayan Sri Mustika, mampu menghasilkan jutaan rupiah per bulan dengan mengembangkan bisnis kerajinan berbasis digital.

Dalam kesibukannya mengurusi urusan rumah tangga, ia mencoba mengembangkan bisnis kerajinan tas rotan yang dipasarkan di marketplace. Setelah berjalan beberapa waktu, kini ia mengaku bisa mengantongi keuntungan Rp 6 juta hingga Rp 10 juta per bulan.

Kepada Balinesia.id, Minggu, 12 Februari 2023, Sri menceritakan kisahnya dalam mengembangkan usaha tas rotan di dunia digital. Semua itu ia geluti setelah berhenti dari pekerjaannya sebagai karyawan swasta pascamelahirkan anak kedua.

Baca Juga:

“Saya memulai bisnis ini berawal karena saya mantan pegawai bank salah satu bank swasta dan karena saya melahirkan anak kedua, di mana anak tidak ada yang mengasuh akhirnya saya memutuskan untuk berhenti kerja. Namun, karena terbiasa untuk bekerja di sela-sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga saya memulai jualan tas rotan secara online,” tuturnya. 

Sejak saat itu ia pun memutuskan untuk terjun dan fokus pada bisnis itu. IA juga memberdayakan warga sekitar untuk membantu proses produksi. 

Baca Juga:

“Proses produksi saya melibatkan penduduk lokal sekitar rumah, yang memiliki skill bisa menganyam dan menjarit. Agar kualitas produk bisa selalu bagus, tiap saat saya mengontrolnya, sebelum dipasarkan ke beberapa swalayan di daerah Badung dan Denpasar,” kata dia.

Berbekal kegigihannya itu, kini produknya tidak hanya digandrungi pasar lokal dan nasional, namun turut merambah pasar luar negeri. Beberapa negara yang jadi sasaran pasarnya antara lain Mesir dan Timor Leste. 

“Sekarang untuk jualan sudah sangat mudah, dengan diam di rumah sambil mengasuh anak kita bisa berjualan lewat handphone,” katanya memotivasi. jpd/oka

Editor: E. Ariana

Related Stories