Lion Air Layani Rute Penerbangan Balikpapan-Denpasar

Maskapai Lion Air. (Balinesia.id/ist)

Badung, Balinesia.id – Rute penerbangan Balikpapan-Denpasar kini semakin mudah setelah maskapai Lion Air kembali membuka layanan pada rute tersebut. Pesawat perdana yaang melayani rute itu mendarat di Bandara International I Gusti Ngurah Rai pada Jumat, 9 September 2022 pukul 10.56 WITA dan kembali bertolak ke Balikpapan pada pukul 13.50 WITA.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, mengatakan maskapai Lion Air perdana yang membuka rute Bali-Balikpapan memiliki nomor penerbangan JT663/660. Sesuai jadwal, maskapai Lion Air akan melayani penerbangan sebanyak du kali seminggu, yakni pada hari Jumat dan Minggu.

Baca Juga:

"Pada pendaratan perdananya JT663 registrasi PK-LHY dari Balikpapan mendarat mulus di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai–Bali tepat pukul 10.56 WITA dengan mengangkut sebanyak 83 orang penumpang, kemudian kembali menuju ke Bandara Internasional Sultan Haji Muhammad Sulaiman Sepinggan–Balikpapan pukul 13.50 WITA membawa 61 orang penumpang," katanya.

Handy dengan dibukanya layanan penerbangan rute Balikpapan-Denpasar, maka sampai saat ini sudah ada tiga maskapai yang melayani rute penerbangan tersebut, yakni maskapai Citilink Indonesia, AirAsia Indonesia, dan Lion Air. “Penerbangan perdana Lion Air ini merupakan awal yang baik karena penerbangan rute tersebut masih dilayani tiga penerbangan artinya peluang strategis tingkat keterisian kursi bisa lebih menjanjikan,” katanya.

Pihaknya merasa antusias menyambut penerbangan perdana Lion Air Balikpapan-Denpasar. Mereka pun disambut dengan seremonial water salute serta pengalungan bunga.

"PT Angkasa Pura I terus membuka peluang kepada maskapai lainnya untuk mengembangkan rute strategis sehingga memberikan pilihan beragam kepada calon penumpang, seiring memberikan nilai tambah terhadap peningkatan sektor aviasi dan sektor-sektor turunannya seperti pariwisata," kata Handy.

Ia berharap ke depan dengan dibukanya penerbangan perdana Balikpapan–Denpasar dapat beroperasi sesuai harapan. "Selamat buat Lion Air kami siap memberikan support agar operasionalnya terus berjalan lancar," kata dia.

Sampai saat ini, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai telah melayani 21 rute domestik yang dilayani sebanyak 10 maskapai. Khusus catatan statistik, penumpang rute Balikpapan-Denpasar yang berangkat maupun datang selama Januari-Agustus 2022 adalah sebanyak 44.600 orang penumpang yang telah terlayani. Adapun kapasitas terminal domestik adalah 9,4 juta orang penumpang per tahun. "Ini suatu peluang yang baik jika maskapai dapat membuka rute penerbangan perdana kembali ataupun reaktivasi rute untuk pemulihan dari pandemi Covid-19," katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories