Ketahui Apa Itu Lazy Girl Jobs yang Sedang Ramai di Kalangan Gen Z

Ketahui Apa Itu Lazy Girl Jobs yang Sedang Ramai di Kalangan Gen Z (Freepik)

JAKARTA - Semua orang tentu menginginkan memperoleh pekerjaan dengan gaji yang bagus tapi tidak membuat stres. Tampaknya, usai masa pandemi COVID-19 orang-orang jadi lebih sadar bahwa ada hal penting lainnya selain mengejar karier, salah satunya yaitu hidup layak dan bahagia.

Tidak mengherankan jika hal tersebut menimbulkan berbagai tren karier, mulai dari rage applying demi memperoleh pekerjaan yang lebih baik. Hal tersebut dianggap juga turut berkontribusi dalam munculnya berbagai tren TikTok soal dunia kerja, salah satunya yaitu Lazy Girl Jobs, terutama bagi kalangan Gen Z.

Apa Itu Lazy Girl Jobs?

Seperti yang dilansir dari Reader’s Digest pada Senin, 11 Desember 2023, lazy girl jobs adalah suatu pekerjaan apapun yang dapat dilakukan dari rumah dalam standar waktu kerja mulai jam 9 pagi hingga jam 5 sore, dan memiliki tugas yang ringan serta manager yang santai. Pekerjaan tersebut tentunya perlu memberikan gaji yang cukup bagi kaum muda untuk hidup tapi tidak merasakan tekanan untuk bekerja di atas jam kerja mereka.

Istilah Lazy Girl Jobs mulai dipopulerkan oleh Gabrielle Judge pada Mei 2023. Gabrielle yang seorang influencer karier berusia 26 tahun menyebutkan bahwa ia sadar kata Lazy atau malas memiliki konotasi negatif. 

Namun, ia ingin menyebarkan pesan, bahwa Lazy Girl Jobs ini bukan peran yang membuat pekerja bermalas-malasan, melainkan mencari jalur karier di mana work life balance bisa tetap terjaga tentu terasa sangat luar biasa, sampai Anda hampir merasa seperti sedang malas.

Alasan Lazy Girl Jobs Populer di Kalangan Gen Z

Setiap generasi memiliki budaya dan suasana tempat kerja masing-masing. Hal itu tentu juga dialami oleh para gen Z yang sekarang sudah mulai memasuki dunia kerja.

Generasi Z memiliki cara kerja baru yang menarik generasi muda, karena gen Z lebih vokal dalam menciptakan work life balance. Seperti yang dilansir dari Reader’s Digest, generasi muda tampaknya juga belum melihat teman-teman mereka atau bahkan diri mereka sendiri memperoleh manfaat dari ketahanan dan disiplin dalam pekerjaan dalam jangka panjang, sehingga lebih mudah untuk fokus pada kepuasan langsung karena memiliki peran yang tidak terlalu menuntut.

Tren Lazy Girl Jobs juga sebetulnya tidak hanya memikat para perempuan. Pekerja laki-laki juga tetap mencari keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaannya. 

Itu tadi penjelasan mengenai tren Lazy Girl Jobs yang populer di kalangan para Gen Z. Apakah Anda setuju dengan tren ini?

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories