Keren, Aksi Driver GoCar Bali Berjibaku Tolong Pasien Terpapar Covid-19

Aksi heroik penuh ketulusan hati ini mendorong Gojek memberikan Penghargaan Driver Jempolan kepada Suriantha dan juga mempertemukan secara virtual dengan Ibu Sri - pelanggan yang telah dibantunya. (Istiimewa)

Denpasar, Balinesia.id -  Dalam situasi pandemi saat banyak orang tengah mengalami kesulitan tidak lantas membuat orang harus kehilangan rasa peduli dan saling membantu sebagaimana dilakukan I Nyoman Suriantha (38) - driver GoCar Bali yang rela berijibaku membawa pasien yang membutuhkan pertolongan ke rumah sakit.

Kisah Suriantha sempat viral beberapa waktu yang lalu karena penumpang bernama Sri Mahendri mencari-cari driver yang menolong suaminya ke RS karena ia belum sempat membayar layanannya.

Bahkan, Sri Mahendri sampai menghubungi admin @gojek24jam untuk menanyakan kontak beliau karena apa yang telah dilakukan melampaui tugasnya sebagai driver Gocar.

"Beruntung saya akhirnya dapat dipertemukan oleh Pak Komang (nama panggilannya) di acara Kopi Darat (Kopdar) Virtual Gojek Bali sehingga saya dapat menyampaikan ucapan terima kasih secara langsung”, ujarnya.

Kisah Suriantha berawal dari sebuah pesanan GoCar di akhir pekan beberapa waktu lalu.

Sri sedang berada di RS Bali Mandara-Denpasar untuk mencari kamar bagi suaminya yang terdampak pandemi.

"Mengingat tengah berburu dengan waktu, ia memesankan taksi online ini via aplikasi”, Sri menuturkan.

Suriantha meluncur ke lokasi begitu panggilan yang dia terima. Meski sadar, penumpangnya tengah sakit dan ia berpotensi terpapar Covid-19, namun panggilan kemanusian-lah yang membuatnya tergerak.

“Saya sudah dua kali di-vaksin oleh Gojek. Selain menggunakan alat pelindung diri, semuanya saya serahkan ke Sang Hyang Widhi untuk dapat melindungi saya”, ujarnya.

Tiba lokasi, ia berjalan kaki 50 meter ke titik penjemputan. Dia ikut menggotong penumpang bersama mertuanya mengingat tidak ada seorang pun tetangganya yang ikut membantu.

Beberapa kali berhenti untuk mengatur nafas, sang penumpang yang kebetulan berpostur besar tersebut akhirnya sampai juga ke mobilnya.

"Saya langsung tancap gas ke RS Bali Mandara”, ucap bapak dua putri ini.

Kondisi saat itu, memang tengah banyak pasien sehingga Suriantha menyarankan pasien dibawa ke RSUP Sanglah, juga di Denpasar. Ternyata, kondisi saat itu juga sama ramainya, Sri meminta agar suaminya dibawa pulang ke rumah saja karena ia sudah cukup putus asa.

Suriantha meyakinkan, bahwa suami sang pelanggan harus dirawat, apapun resikonya.

Dia sempat bersitegang dengan Satpam RS karena saya memarkir mobil di depan IGD. Namun dia beralasan, penumpangnya bisa segera mendapatkan perawatan.

Meski kursi roda sudah tidak ada, Komang tidak kurang akal. Ia melihat ada brankar (tempat tidur dorong) di pojok ruangan. Meski tengah digunakan oleh pasien lain, Komang pantang menyerah.

Singkat cerita, pihak keluarga memberikan brankar karena sang pasien ternyata ingin kembali ke rumah.

Saat itu, pikirannya simple saja. Begitu pasien mendapatkan kursi roda atau brankar, ada peluang untuk bisa mendapatkan perawatan.  

Upayanya membuahkan hasil, sang pasien akhirnya mendapat perawatan di Instalasi Gawat Darurat dan  keesok harinya ia masuk dalam ruang rawat inap.

Tidak terasa Suriantha memberikan layanan primanya dari jam 14-an hingga jelang petang. Setelah ia membersihkan diri di toilet RS & mengganti pakaiannya, mantan Branch Manager perusahaan pembiayaan nasional di Sidoarjo Jawa Timur ini bergegas pulang ke rumah membersihkan diri ketika ia melihat pelanggannya tengah bertelepon.

Suriantha memang sudah berniat, tidak mengutip bayaran atas layanannya ini.

Atas apa yang dilakukannya, Viona Ong - District Head Gojek Bali & Nusra menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang mendalam atas dedikasi Suriantha .

"Melayani pelanggannya, terlebih dalam kondisi sakit dan berpotensi terpapar merupakan hal yang luar biasa. Vaksinasi yang telah diterimanya secara lengkap, menggunakan alat pelindung diri serta perlindungan-Nya membuat beliau mantap dalam menjalankan profesinya”.

Apa yang dilakukan Komang merupakan cerminan semangat Gojek bersama mitranya untuk menghadirkan layanan yang terbaik dan menjadi andalan bagi pelanggan di situasi pandemi.

Aksi heroik dengan penuh ketulusan hati ini mendorong Gojek memberikan Penghargaan Driver Jempolan kepada Pak Komang dan juga mempertemukan secara virtual dengan Ibu Sri - pelanggan yang telah dibantunya.

Aspek kenyamanan dan keamanan dikedepankan, kata Vionam karena aspek higienitas dan keamanan  merupakan prioritas sehingga masyarakat dan mitra kami dapat lebih aman dan nyaman ketika  menggunakan layanan dalam ekosistem Gojek. (roh)


Related Stories