Kepala Perwakilan BKKBN Bali Harap Duta GenRe Denpasar Jadi Motor Penggerak Remaja Bebas Napza

Pemilihan Duta GenRe Kota Denpasar tahun 2023. (Balinesia.id/IST)

Badung, Balinesia.id – Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bali, dr. Ni Luh Gede Sukardiasih, M. For., MARS, berharap Duta GenRe Kota Denpasar yang baru terpilih dapat menjadi figur teladan alam menggerakkan remaja agar bebas dari bahaya Napza dan HIV/AIDS.

Harapan tersebut dinyatakan Sukardiasih ketika hadir dalam Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Denpasar tahun 2023 yang dilangsungkan di Lippo Mall Kuta, Badung, Rabu 3 Mei 2023. Pada pemilihan tersebut Kadek Agus Dwi Artha (PIK-M Yowana Bakti dan Ni Luh Kade Jiyesta Putri Sasikirani (PIK-M Yowana Bakti) terpilih menjadi Duta GenRe Kota Denpasar tahun 2023.

Sukardiasih menegaskan, Duta GenRe merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk figur teladan serta motivasi di kalangan remaja. “Duta GenRe memiliki peran penting dalam memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi, serta menciptakan remaja bebas Napza dan HIV/AIDS guna menjadi remaja tanggung dan dapat berkontribusi dalam pembangunan,” katanya.

Baca Juga:

Ia menjelaskan, Duta GenRe memegang peran penting untuk mensosialisasikan program pembangunan. Dalam hal visi untuk mewujudkan Indonesi Emas tahun 2045, mereka pun memiliki peran yang demikian sentral. “(Sebab, red), remaja saat ini menjadi bagian dari Generasi Emas Indonesia 2045 yang akan datang,” katanya. 

Lebih jauh dinyatakan bahwa Program GenRe, remaja diberi edukasi mengenai penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan, berkarir dalam pekerjaan, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

“GenRe ditujukan bagi remaja pada usia 10-24 tahun yang belum menikah melalui wadah Pusat Informasi dan Konseling Remaja atau PIK Remaja dan keluarga yang memiliki remaja, serta masyarakat peduli remaja melalui wadah Bina Keluarga Remaja atau BKR,” ucap dia. 

Baca Juga:

Luh De menambahkan, pada tahun 2023 ini Program GenRe kepada remaja akan dimasifkan lebih luas hingga tingkat desa melalui pembentukan Duta Genre di tingkat desa. 

“Denpasar sampai dengan saat ini sudah ada empat Duta Genre Desa, yakni di Desa Tegal Harum, Desa Dangin Puri Kaja, Kelurahan Dauh Puri, dan Desa Peguyangan. Saya harap ini juga bisa lebih meluas begitu pula dengan kabupaten lain” katanya.

Baca Juga:

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Duta GenRe Kota Denpasar Tahun 2023, I Gusti Kadek Ari Sukawisana menjelaskan bahwa pemilihan Duta GenRe telah berlangsung dari 4 April 2023 hingga 1 Mei 2023.

“Pemilihan ini telah berlangsung dengan proses yang panjang dimulai dari Genre Challenge hingga wawancara,” katanya. jpd 

Editor: E. Ariana

Related Stories