Kelompok Nelayan Bondalem Terima Sembako

Pemkab Buleleng memberikan bansos kepada kelompok nelayan di Desa Bondalem, Tejakula, Buleleng. (Istimewa)

Bulelang, Balinesia.id Sebanyak 100 paket bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menyasar kelompok nelayan di Desa Bondalem, Tejakula, Buleleng. Bansos yang diserahkan kepada warga terdampak Covid-19 menyasar empat kelompok nelayan di desa tersebut.

Bansos diserahkan secara simbolis kepada perwakilan kelompok nelayan oleh Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra bersama dengan Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna, serta pimpinan SKPD terkait. Penyerahan dilakukan di Balai Kelompok Nelayan Arta Bakti Baruna, Desa Bondalem, Sabtu, 21 Agustus 2021.

Wabup Sutjidra mengatakan kelompok nelayan ini memang salah satu kelompok masayarakat yang kiranya perlu mendapat sentuhan di masa pandemi Covid-19. Hal itu dilihat dari penghasilan yang cukup menurun. Hasil tangkapan ikan belakangan ini sangat sedikit dikarenakan faktor cuaca. Selain itu penjualan ikan juga menurun karena dampak pandemi. Sehingga hal ini mendapat perhatian dari pemerintah.

      Baca Juga:


“Hasil tangkapan nelayan sekarang sedikit, bahkan saya lihat sendiri tadi ada yang balik dari melaut tidak mendapatkan ikan sama sekali. Selain itu yang membeli ikan juga rendah sekali. Ini salah satu yang perlu kita perhatikan juga. Selain ini juga kami sasar di beberapa Kecamatan lain di Kabupaten Buleleng,” katanya.

Lebih jauh, Kepala Dinas Sosial I Putu Kariaman Putra menjelaskan khusus untuk kelompok nelayan yang ada di Desa Bondalem ini disalurkan sebanyak 100 paket sembako. Ini merupakan arahan dari pimpinan yang memang memiliki perhatian terhadap warga masayarakat di Buleleng. Selain kepada nelayan, Dinsos Buleleng juga memiliki beberapa program lain untuk disalurkan bantuan sembako. Diantaranya yakni kepada warga Kabupaten Buleleng yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kemudian juga kepada Kelompok Wanita Tani (KWT).

“Kepada warga yang mengalami PHK dan juga anggota KWT agar melaporkan diri kepada kepala desa, perbekel atau lurah masing-masing, untuk bisa kita data kembali dan disalurkan bantuan sembako atau beras. Itu atensi kami dalam rangka meringankan beban pada masa pandemi Covid-19,” ucap dia.

         Baca Juga:


Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Arta Bakti Baruna Komang Merta Witama mengungkapkan rasa terima kasihnya kepad Pemkab Buleleng atas perhatian yang diberikan.  Memang duakui produksi ikan saat ini menurun drastis. Hasil tangkapan ikan juga hanya bisa dijual diseputaran warga setempat saja. Biasanya ikan dapat dijual hingga keluar Kabupaten Buleleng.

“Biasanya kita mampu menjual sampai ke Benoa dan Kedonganan. Sekarang sudah tidak bisa, paling yang memberli warga sekitar desa saja. Untuk di Desa Bondalem terdapat empat kelompok nelayan yang menerima bantuan yakni Kelompok Nelayan Candi Segara, Sari Sedana Samudra, Arta Bakti Baruna dan Merta Asih Segara,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories