Kelola Rp32,93 Triliun, Kemenhub Genjot Infrastruktur Konektivitas hingga Pendidikan dan Vokasi

Kemenhub Dapat Anggaran 2022 Senilai Rp32,93 Triliun untuk Dukung Program Prioritas/foto: Ismail Pohan TrenAsia

Jakarta, Balinesia.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperoleh anggaran tahun 2022 senilai Rp32,93 triliun yang akan dikelola untuk  mendukung program prioritas mulai infrastruktur konektivitas hingga pendidikan dan vokasi.

Sejumlah program prioritas bakal dikebut oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) setelah memperoleh dana senilai Rp32,93 triliun pada tahun anggaran 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, program prioritas tersebut di antaranya infrastruktur konektivitas, program pendidikan dan vokasi, program riset dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta program dukungan manajemen.

Untuk itu, Menteri Budi Karya Sumadi menyampaikan kepada jajarannya, di tengah keterbatasan ruang fiskal anggaran pendapatan belanja negara (APBN) untuk memanfaatkan pendanaan kreatif sebagai upaya pemenuhan kebutuhan infrastruktur transportasi.

“Mari kita kerja sama secara profesional, akuntabel, transparan, dan menjunjung tinggi integritas dalam mewujudkan tata kelola yang baik dan mencapai target,” kata Budi Karya dikutip dari keterangan resminya Rabu, 12 Januari 2022

Guna menindaklanjuti anggaran 2022, Menhub juga meminta jajarannya untuk bekerja dengan hati, terus berkordinasi, dan menghilangkan sekat-sekat antar unit kerja demi mencapai tujuan bersama.

Kata dia, sepanjang 2021, capaian kinerja anggaran Kemenhub sebesar 97,17% dan diharapkan pencapaian tersebut menjadi bahan evaluasi bersama agar pelaksanaan anggaran di 2022 lebih maksimal baik untuk pertumbuhan ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan target kinerja anggaran 2022 Kemenhub sebesar 95,90% angka tersebut lebih kecil dibanding 2021. 

Atas hal itu, Budi Karya Sumadi menegaskan untuk berupaya agar pelaksanaan anggaran 2022 lebih tepat sasaran dan bermanfaat. (roh) ***

 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Liza Zahara pada 13 Jan 2022 

Editor: Rohmat

Related Stories