Jangan Khawatir, Ini Cara Melunasi Utang Tanpa Stres

Jangan Khawatir, Ini Cara Melunasi Utang Tanpa Stres (Freepik)

JAKARTA - Bagi sebagian individu, utang merupakan salah satu aspek dalam kehidupan yang tidak dapat dihindari. Namun, perlu Anda ketahui bahwa utang terbukti tidak hanya berdampak pada stabilitas keuangan, tetapi juga mempengaruhi kesehatan mental dan hubungan interpersonal.

Tekanan yang dihasilkan oleh utang merupakan kenyataan yang nyata dan merata, dapat membuat banyak orang merasa terbenam dalam utang dan mengalami depresi. Seperti yang dilansir dari Forbes, utang tidak hanya menciptakan stres tetapi juga membebani hubungan. Sebanyak 60% orang menyatakan bahwa tekanan keuangan yang mereka alami dapat menyebabkan konflik dalam hubungan mereka.

Cara Melunasi Utang Tanpa Stres

Cara untuk melunasi utang sambil menjaga kesehatan mental adalah suatu perjalanan yang perlu dilakukan dengan hati-hati dan cermat. Meskipun demikian, melunasi utang dapat menjadi perjalanan yang dapat diatasi dengan benar dengan menerapkan metode yang tepat.

Anda dapat mempertimbangkan beberapa tips yang membantu Anda melunasi utang sekaligus menjaga kesejahteraan mental Anda. 

1. Lunasi Utang Secara Bijak

Studi menunjukkan bahwa mengutamakan pelunasan utang tertua tidak selalu menguntungkan secara finansial. Bahkan, lebih bijaksana untuk memulai dengan melunasi utang yang memiliki tingkat bunga tertinggi.

2. Kurang Belanja yang Tidak Diperlukan

Kurangi pengeluaran yang tidak penting dengan memanfaatkan aplikasi pengelolaan keuangan untuk memantau dengan cermat setiap pengeluaran. Pertimbangkan kembali setiap pembelian dengan bertanya apakah itu merupakan kebutuhan atau sekadar keinginan. Pendekatan ini membantu menghindari pembelian impulsif yang mungkin dipicu oleh kecemasan terhadap utang.

3. Lebih Sadar Secara Finansial

Kembangkan kesadaran finansial untuk mengatasi tekanan atau stres akibat kondisi finansial yang dapat melemahkan kesehatan mental dan fisik. Melibatkan diri dalam kesadaran finansial melibatkan penghentian untuk memantau pikiran, tindakan, dan emosi saat berbelanja. Kesadaran finansial yang baik akan mendorong kebijakan belanja yang lebih bijaksana untuk mengurangi kecemasan finansial.

Itu tadi beberapa cara melunasi utang tanpa stres. Selamat mencoba.

Editor: Justina Nur Landhiani
Tags streslunasutangBagikan
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories