IsDB Pastikan Dukungan bagi Pembangunan Keuangan Berkelanjutan Indonesia

Dukungan IsDB disampaikan Presiden Islamic Development Bank (IsDB), Mohammed Al Jasser didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, Senin, (28/3/2022). (Biro Pers Setpres)

Jakarta , Balinesia.id- Islamic Development Bank menegaskan dukungannya untuk pembangunan bidang teknologi digital hingga Keuangan Berkelanjutan (Sustainable Finance) di Indonesia.

Dukungan itu disampaikan Presiden Islamic Development Bank (IsDB), Mohammed Al Jasser didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, Senin, (28/3/2022).

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya, agar hubungan Indonesia dengan IsDB akan makin kuat.

Selain itu, dukungan Islamic Development Bank disampaikan untuk presidensi G20 Indonesia yang sekarang ini sedang menghadapi situasi di dalam G20 yang sangat menantang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya, agar hubungan Indonesia dengan IsDB akan makin kuat.

"Islamic Development Bank mendukung agenda Indonesia mengenai digital technology, sustainable finance, dan joint health and finance architecture," tandas Sri Mulyani usai pertemuan.

Hal lain yang dibahas dan sesuai agenda G20 yaitu mengenai teknologi digital yang juga dipandang sebagai prioritas oleh Presiden Islamic Development Bank.

Presiden Al Jasser sudah melakukan kunjungan ke berbagai proyek, termasuk di Universitas IMERI, untuk melihat riset yang potensial yang bisa dibagikan pada negara-negara anggota Islamic Development Bank yang lain.

Pembahasan dilakukan terkait presidensi G20 dan IsDB mendukung dengan segala cara yang memungkinkan untuk membuat presidensi ini sangat sukses terlepas dari semua tantangan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya, agar hubungan Indonesia dengan IsDB akan makin kuat.

Dari kunjungan Mohammed Al Jasser pertama kali di Indonesia sebagai Presiden Islamic Development Bank itu, Sri Mulyani mengharapkan hubungan yang makin erat dan juga makin kuat antara Indonesia dengan Islamic Development Bank.

Keduanya juga membahas kerja sama dalam sejumlah program prioritas pembangunan Indonesia.

Banyak prioritas pembangunan yang disusun dalam kerangka kerja sama antara IsDB dengan Indonesia yang mencakup berbagai bidang.

"Pertama, masalah pendidikan, Islamic Development Bank banyak sekali memberikan pembangunan kampus-kampus universitas di Indonesia," ungkap Sri Mulyani.

Bidang kesehatan, selama pandemi ini Islamic Development Bank juga mendukung di dalam pengadaan vaksin dan juga dalam penanganan pandemi.

Pembahasan lainnya, kerja sama prioritas pembangunan lainnya yaitu di bidang infrastruktur, termasuk dalam hal ini untuk energi baru terbarukan atau keuangan berkelanjutan yang merupakan suatu tantangan besar.

"Presiden menyampaikan potensi-potensi renewable di Indonesia dan isu climate change yang sangat penting dan Islamic Development Bank juga melihat ini sebagai priority," imbuh Sri Mulyani. ***
 

Editor: Rohmat
Bagikan

Related Stories