Inilah Penyebab Mengapa YouTube Anda Terasa Lambat Ketika Loading

Inilah Penyebab Mengapa YouTube Anda Terasa Lambat Ketika Loading (Unsplash)

JAKARTA - Google tampaknya semakin memberikan tekanan yang lebih besar kepada para pengguna YouTube untuk segera berhenti menggunakan adblocker atau pemblokir iklan pada video. Bahkan, layanan streaming tersebut sebagai gantinya menawarkan langganan premium kepada penggunanya untuk memperoleh pengalaman mengakses konten video dengan nyaman dan bebas iklan.

YouTube sendiri sudah memulai tindakan keras terhadap adblocker atau pemblokir iklan sejak bulan Juni lalu sebagai uji coba terbatas yang mendorong pengguna dengan pemblokir iklan untuk mengizinkan munculnya iklan di YouTube, atau mempertimbangkan untk membayar biaya langganan YouTube Premium sambil menonton video favorit mereka.

Namun sekarang, YouTube tampaknya semakin melangkah lebih jauh dan memperkenalkan delay selama lima detik sebelum video dimuat bagi pengguna yang menggunakan adblocker atau pemblokir iklan untuk melihat layanan streaming video tersebut.

Google bahkan mengatakan bahwa pengguna yang menggunakan adblocker atau pemblokir iklan akan mengalami tampilan yang kurang optimal terlepas dari browser yang sedang Anda gunakan.

Seperti yang dilansir dari laman Live Mint pada Jumat, 24 November 2023, manajer komunikasi YouTube, Christopher Lawton yang mengatakan kepada The Verge bahwa menonaktifkan adblocker akan langsung menyelesaikan masalah pengguna yang mengalami loading lambat saat membuka YouTube.

Dikutip dari Live Mint pada Jumat, 24 November 2023, dalam pernyataannya kepada Android Authority, YouTube mengatakan, “Untuk mendukung ekosistem pembuat konten yang beragam secara global dan memungkinkan miliaran orang mengakses konten favorit mereka di YouTube, kami telah meluncurkan upaya untuk mendorong pemirsa yang mengaktifkan pemblokir iklan (adblocker) untuk mengizinkan iklan di YouTube atau mencoba YouTube Premium untuk pengalaman bebas iklan. Pengguna yang memasang pemblokir iklan mungkin mengalami penayangan yang kurang optimal, apa pun browser yang mereka gunakan.”

Namun, beberapa pengguna diketahui mungkin masih mengalami delay sementara dalam memuat laman web hingga browser web direfresh.

Pengaruh Tindakan Keras YouTube Terhadap Adblocker

Menurut laporan dari Wired, strategi Google untuk menindak adblocker tampaknya berhasil dan menyebabkan ratusan ribu orang menghapus adblocker tersebut pada bulan Oktober. 

Namun, laporan tersebut juga mencatat bahwa ada rekor jumlah pemasangan adblocker dan orang-orang yang mencari alternatif untuk melewati menu pop-up langganan YouTube Premium.

Itu tadi penjelasan mengenai alasan mengapa loading YouTube Anda terasa lambat. 

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories