Inilah Emoji yang Kini Terancam ‘Punah’ Akibat Tidak Sering Digunakan

Inilah Emoji yang Kini Terancam ‘Punah’ Akibat Tidak Sering Digunakan (Freepik.com/cookie_studio)

JAKARTA - Emoji adalah salah satu wujud ekspresi yang dituangkan saat harus melakukan percakapan baik di media sosial atau aplikasi chat. Ada masanya ketika emoji menjadi tren yang besar bagi generasi milenial. Namun, sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa beberapa emoji berisiko punah sepenuhnya.

Seperti yang dilaporkan oleh Superside yang menarik data dari emoji yang paling populer dari tahun 2013 hingga sekarang dan menganalisis mana yang paling mengalami penurunan penggunaan secara perlahan seiring berjalannya waktu.

Beberapa emoji dilaporkan hampir punah karena generasi Z mulai meninggalkan penggunaan emoji. Seperti yang dilansir dari Indy100, dengan menggunakan perangkat lunak Keyword Tool, perusahaan tersebut menganalisis tingkat pencarian untuk masing-masing dari 100 emoji di setiap negara dan kota-kota populer di Amerika Serikat.

Temuan mereka dijelaskan dalam tabel sebagai berikut.

Inilah Emoji yang Kini Terancam ‘Punah’ Akibat Tidak Sering Digunakan

Emoji ‘okay hand’ menduduki peringkat pertama sebagai emoji yang paling tidak populer secara global. Emoji tersebut turung 66 peringkat dalam peringkatnya sejak tahun 2013.

Emoji ‘flushed face’ dan ‘person raising both hands in celebration’ menduduki posisi kedua dan ketiga. Emoji-emoji yang dulunya populer ini kehilangan daya tariknya karena pengguna lebih memilih emoji lain. Hal ini kemungkinan karena adanya peluncuran emoji yang lebih baru dan dinilai lebih relevan, dan beberapa emoji tertentu digunakan sebagai simbol dalam kelompok kebencian.

Di lokasi yang lain, emoji ‘smirking face’ menjadi emoji yang paling terancam punah di Amerika Serikat dan kota-kota populer lainnya di seluruh dunia. Hampir 47 persen negara-negara di Eropa juga mengalami penurunan penggunaan emoji ‘screaming face’.

Tidak mengherankan jika Gen Z mulai menganggap emoji sebagai sesuatu yang ‘menjijikkan’. Dalam sebuah unggahan populer di Threads, seorang pengguna menulis bahwa saudara-saudaranya yang merupakan Gen Z telah mengonfirmasi kebiasaan Gen Z tersebut dan memilih untuk tidak menggunakan emoji.

Itu tadi penjelasan mengenai beberapa emoji yang kini semakin terancam punah. Apakah Anda masih menggunakannya?

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories