15 Prediksi The Simpsons yang Menjadi Kenyataan, Termasuk Pencalonan Kamala Harris

Kamala Harris dilantik sebagai wakil presiden pada tahun 2021. (collider)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri, serial animasi The Simpsons telah menemani kehidupan sehari-hari masyarakat di berbagai negara di dunia. Sepanjang 768 episode dan 35 musim tayangnya, “The Simpsons,” acara animasi Amerika yang paling lama tayang, telah membuat berbagai prediksi yang sangat akurat tentang masa depan.

Setelah Presiden Biden mengakhiri kampanye pemilihan kembali pada hari Minggu, memungkinkan Wakil Presiden Kamala Harris untuk menggantikannya sebagai calon dari Partai Demokrat, pengguna X segera memperhatikan kemiripan mencolok antara pakaian yang dikenakan Harris dan Lisa Simpson.

Dikutip dari Los Angeles Times, Senin, 29 Juli 2024, dari dalam episode tahun 2000 “Bart to the Future,” acara animasi tersebut menampilkan masa depan di mana Lisa menjadi presiden wanita pertama Amerika Serikat. Ia tampak berpidato di depan publik mengenakan setelan ungu dengan kalung mutiara klasik dan anting mutiara.

Pada pelantikan Biden dan Harris tahun 2021, Wakil Presiden Harris mengenakan mantel ungu yang sangat mirip dengan setelan yang dikenakan Lisa Simpson dalam episode “Bart to the Future,” lengkap dengan kalung dan anting mutiara yang serasi.

Penulis dan produser eksekutif “The Simpsons,” Al Jean, berbagi teori di X, mengungkapkan bahwa kemiripan antara Harris dan Lisa membuatnya bangga menjadi bagian darinya.

Dunia harus menunggu hingga November untuk melihat apakah Presiden Lisa Simpson mempersiapkan panggung untuk Presiden Kamala Harris. Beberapa penggemar juga bersikeras, “The Simpsons” telah meramalkan tiket Biden-Harris pada tahun 2019, dengan keduanya berdiri berdampingan di antara semua calon Demokrat.

The Simpsons adalah serial animasi legendaris di jaringan TV FOX Network yang terkenal tidak hanya karena humor dan kritik sosialnya, tetapi juga karena kemampuannya yang mengejutkan dalam meramalkan masa depan.

Prediksi Serial The Simpsons yang Menjadi Kenyataan

Berikut beberapa episode dalam serial The Simpsons yang menjadi kenyataan:

1. Donald Trump Ditangkap

Meskipun dirilis pada tahun 1994, episode “Lisa vs Malibu Stacy” tetap relevan bagi pemirsa pada tahun 2023. Episode ini tidak hanya menyoroti kegemparan seputar Barbie, tetapi juga secara halus mengisyaratkan penangkapan Donald Trump. Pada 24 Agustus, mantan Presiden Amerika Serikat tersebut menyerahkan diri kepada pihak berwenang setelah didakwa atas tuduhan pemerasan.

“Lisa vs Malibu Stacy” menampilkan pembaca berita Kent Brockman yang berbicara panjang lebar tentang popularitas mainan tersebut sebelum menutup siaran dengan pernyataan singkat bahwa presiden telah ditangkap. Meskipun tersirat, episode ini menunjukkan tidak hanya meramalkan kegilaan Barbie, tetapi juga meramalkan respons sosial yang sangat kontras antara kejutan politik dan kehebohan Barbie.

2. Pencalonan Presiden Kamala Harris

Episode 11 Bart to the Future, visi masa depan Bart menunjukkan Lisa Simpson menjadi presiden AS wanita heteroseksual pertama. (collider)

Mengingat sifat satir dari The Simpsons, tidak mengherankan bahwa ketika politik global dan dunia tampak semakin aneh dari hari ke hari, semakin banyak momen dari serial animasi tersebut yang menjadi kenyataan. Salah satu contoh terbaru adalah pencalonan Kamala Harris sebagai kandidat Presiden dari Partai Demokrat setelah Joe Biden memutuskan untuk tidak mencalonkan diri lagi.

Dalam episode Musim 11 “Bart to the Future,” visi masa depan Bart menunjukkan Lisa Simpson menjadi presiden AS wanita pertama. Meskipun masih terlalu dini untuk mengklaim bahwa The Simpsons telah memprediksi hal ini, pakaian ungu dan kalung putih yang dikenakan Lisa dalam episode tersebut sangat mirip dengan pakaian Kamala Harris.

Penulis serial dan showrunner Al Jean mengungkapkan kebanggaannya di media sosial karena terhubung dengan prediksi tersebut dan apa artinya bagi pemilihan umum mendatang.

3. Kepresidenan Donald Trump

Dalam episode “Bart to the Future” yang ditayangkan pada 19 Maret 2000, Lisa Simpson menjadi presiden AS dan menyebutkan ia mewarisi kekacauan anggaran dari Presiden Trump. Prediksi ini menjadi kenyataan ketika Donald Trump terpilih sebagai Presiden AS pada tahun 2016. Penulis episode tersebut, Al Jean, bahkan menegaskan kembali prediksi ini setelah Trump mencalonkan diri lagi pada tahun 2024.

4. Kepresidenan Joe Biden dan Kamala Harris

The Simpsons memparodikan sebuah lagu dari West Side Story. (collider)

Dalam film pendek khusus yang ditujukan kepada mantan Presiden Donald Trump, The Simpsons memparodikan sebuah lagu dari West Side Story. Film ini menggambarkan semacam persaingan antara Trump dan tokoh politik lainnya seperti Alexandria Ocasio-Cortez.

Meskipun sindiran ini tidak benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata, ada sebuah adegan pendek yang sangat mirip dengan perubahan politik terkini.

Animator dan sutradara David Silverman baru-baru ini bercanda di Twitter bahwa serial tersebut tampaknya telah meramalkan masa depan lagi melalui klip dari tahun 2019.

Klip tersebut, yang merupakan bagian dari lagu anti-Trump yang memparodikan “Amerika” dari West Side Story, menunjukkan Joe Biden dan Kamala Harris berdampingan. Padahal, pencalonan bersama dan pemilihan mereka baru akan terjadi setahun setelah klip itu dirilis.

5. Pemenang Hadiah Nobel

Dalam sebuah episode tahun 2010, ada adegan yang cukup mencengangkan di mana Milhouse bertaruh bahwa ekonom Finlandia Bengt R Holmstrom akan memenangkan Hadiah Nobel Ekonomi. Ternyata, enam tahun kemudian, prediksi Milhouse menjadi kenyataan ketika Holmstrom benar-benar memenangkan hadiah tersebut, bersama dengan Oliver Hart.

6. Penggabungan Disney dan Fox

Penggabungan Disney dan Fox. (FOX)

Akuisisi Fox oleh Disney senilai $71,3 miliar yang mengejutkan banyak orang pada tahun 2019 ternyata tidak mengejutkan bagi para penggemar The Simpsons yang teliti. Serial tersebut sebenarnya telah meramalkan penggabungan Fox dan Disney dalam sebuah lelucon pada tahun 1998, dengan menampilkan studio 20th Century Fox yang diberi label sebagai Divisi dari Walt Disney Co.

7. PM Jepang Makan Ikan Fukushima

Setelah pembuangan air limbah radioaktif dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi pada bulan Agustus, Perdana Menteri Fumio Kishida dan tiga menteri kabinet memakan sashimi lokal untuk menunjukkan ikan tersebut aman dikonsumsi. Bagi banyak penggemar, momen ini mengingatkan pada episode tahun 1990 “Two Cars in Every Garage and Three Eyes on Every Fish.”

Dalam episode tersebut, Bart menemukan ikan bermata tiga di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir setempat. Ketika Mr. Burns mencoba memberi tahu warga Springfield melalui pidato TV bahwa pembangkit tersebut aman, Marge secara langsung menyajikan ikan bermata tiga tersebut di siaran.

8. Pandemi Covid-19

Ditayangkan pada tahun 1993, episode musim ke-4 “Marge in Chains” menampilkan warga Springfield yang terinfeksi oleh paket Juice Looseners yang penuh kuman dari Osaka, Jepang, menyebabkan wabah Flu Osaka. Ketika penduduk kota meminta obat, sekelompok orang di luar rumah sakit menjatuhkan truk yang mereka kira berisi penawar plasebo—tetapi ternyata berisi peti-peti berisi lebah pembunuh.

Pada tahun 2020, dunia menghadapi pandemi COVID-19, yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 dan berasal dari Wuhan, China. Selain itu, ada beberapa penampakan lebah raksasa Asia yang sangat mematikan di AS.

Selama periode ini, episode Simpsons ini menjadi viral di media sosial (dengan beberapa modifikasi digital), dan berbagai media berspekulasi serial tersebut telah meramalkan peristiwa ini. Namun, penulis episode Bill Oakley mengklarifikasi kepada The Hollywood Reporter bahwa Flu Osaka terinspirasi oleh Flu Hong Kong 1968.

9. Drama Obama

Dalam episode “Treehouse of Horror XIX” yang tayang pada tahun 2008, sebelum pemilihan presiden saat itu, Homer mencoba memilih Barack Obama menggunakan mesin pemungutan suara elektronik, tetapi mesin tersebut mencatat suaranya untuk John McCain—dan melakukannya enam kali berturut-turut.

Pada tahun 2012, berita melaporkan mesin pemungutan suara elektronik memang diketahui mengubah suara dari Obama menjadi suara untuk calon Partai Republik saat itu, Mitt Romney.

10. Skandal Korupsi FIFA

Korupsi di dalam FIFA. (FOX)

Episode tahun 2014 “You Don’t Have to Live Like a Referee” mengkritik korupsi di FIFA—Fédération Internationale de Football Association, badan pengatur sepak bola internasional—dan berakhir dengan penangkapan seorang wakil presiden eksekutif FIFA yang terlibat dalam skandal korupsi.

Pada tahun 2015, investigasi FBI/IRS mengarah pada penangkapan sejumlah pejabat tinggi FIFA dan rekan-rekannya dengan tuduhan penipuan, pemerasan, dan pencucian uang. Dari 30 pejabat FIFA yang didakwa tahun itu, 27 di antaranya akhirnya mengaku bersalah.

11. Lady Gaga di Super Bowl

Dalam episode “Lisa Goes Gaga” yang tayang pada tahun 2012, Lady Gaga terbang di atas penonton dengan menggunakan kabel. Super Bowl 2017, Gaga juga tampil dengan kabel saat memasuki pertunjukan paruh waktu dengan turun dari atap stadion (tanpa bra yang mengeluarkan kembang api). Penampilan tersebut menjadi salah satu pertunjukan musik yang paling banyak ditonton dalam sejarah Super Bowl.

12. Autocorrect

Episode ini ditayangkan di TV pada 13 November 2013. Dalam episode tersebut, Apple Newton salah mengoreksi tulisan Beat up Martin menjadi Eat up Martha. Kesalahan autocorrect ini menjadi lelucon yang kemudian menginspirasi pengembangan fitur autocorrect pada perangkat Apple di masa depan.

13. Wabah Ebola

“Lisa’s Sax” adalah episode yang mengisahkan bagaimana Lisa jatuh cinta pada alat musik tersebut. Dalam satu adegan, Bart terlihat sakit dan merasa sedih, sehingga Marge mencoba menghiburnya dengan membaca buku berjudul aneh.

Buku tersebut, “Curious George and the Ebola Virus,” merupakan pilihan narasi yang tidak biasa mengingat bahwa Ebola belum dikenal luas pada saat itu, dengan wabah besar baru terjadi pada tahun 2000 dan kemudian pada tahun 2014.

Wabah Ebola pada tahun 2000 menjadi berita utama karena menyebabkan kematian 254 orang di Republik Kongo dan 224 orang di Uganda. Menariknya, meskipun penyakit ini masih relatif tidak dikenal saat episode tersebut ditayangkan, The Simpsons menampilkan penyakit ini. Walaupun hubungan ini tampak tidak pasti, penggemar setia masih mencoba menjelaskannya.

14.Perjalanan Bawah Laut

Dalam episode “Homer’s Paternity Coot” yang ditayangkan pada 8 Januari 2006, Homer dan ayahnya berusaha menemukan harta karun di kapal tenggelam dengan menggunakan kapal selam mini. Pada tahun 2023, dunia dikejutkan oleh hilangnya kapal selam OceanGate yang membawa penumpang untuk melihat reruntuhan Titanic, mirip dengan alur cerita dari episode tersebut.

15. Tom Hanks dalam Iklan Pemerintah

Dalam The Simpsons Movie (2007), Tom Hanks muncul sebagai dirinya sendiri dalam sebuah iklan layanan masyarakat, mengungkapkan bahwa pemerintah AS telah kehilangan kredibilitasnya. Pada tahun 2022, Hanks muncul dalam iklan pro-Joe Biden yang menyatakan optimisme tentang masa depan Amerika, mencerminkan kembali perannya dalam film tersebut.

Demikian, serial tersebut berulang kali membuktikan meramalkan masa depan dengan akurasi yang mengejutkan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 29 Jul 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories