Inilah 7 Negara Bebas Pajak Penghasilan, Tertarik Pindah?

Inilah 7 Negara Bebas Pajak Penghasilan, Tertarik Pindah? (Freepik.com/wirestock)

JAKARTA – Pemerintah dikabarkan sedang berencana menarik dana dari investor kaya dunia untuk diinvestasikan di Indonesia melalui family office. Salah satu insentif yang ditawarkan oleh family office adalah pembebasan pajak bagi para investor yang mengalokasikan dananya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menilai, pemerintah sebaiknya tidak terus-menerus mengandalkan insentif fiskal untuk menarik investasi. Dia menegaskan, ia tidak menentang upaya pemerintah untuk menarik investor.

Tetapi tidak selamanya hal itu perlu dilakukan lewat pemberian insentif fiskal seperti pembebasan pajak. Pasalnya, pemerintah juga perlu meningkatkan pendapatan melalui kenaikan tax ratio. Pembebasan pajak dianggap bertentangan dengan semangat tersebut.

“Saya kasian bang sama Ibu Menteri Keuangan (Sri Mulyani) yang didorong untuk mendorong tax rationya,” kata Suharso.

Sementara, ekonom senior Indef Faisal Basri, membandingkan regulasi family office yang sudah lama diterapkan di Singapura untuk menarik investasi dari keluarga kaya. Namun, fakta menunjukkan family office di Singapura telah terlibat dalam kasus pencucian uang senilai triliunan rupiah.

Ia mempertanyakan sumber pendapatan negara dari pembentukan family office, mengingat konsep ini memberikan keringanan pajak bagi orang kaya. Selain itu, family office juga tidak berkontribusi dalam cadangan devisa negara.

“Mereka enggak bangun pabrik, mereka ke sini. Jadi, dana-dananya saja bisa buat cuci uang, tambahin pekerjaan aja. Kembali, tujuannya apa? Kalau kita tahu tujuannya apa, kita bisa ukur mencapai apa tidak,” tuturnya.

Faisal tidak melihat tujuan yang jelas dari pemerintah dalam mendirikan family office. Masalah dalam negeri diidentifikasi terlebih dahulu agar Indonesia bisa fokus pada investasi yang bermanfaat dan meningkatkan devisa.

“Orang kaya di Indonesia naruhnya di luar, orang kaya di luar naruhnya di Indonesia. Absurd. Kembali identifikasi masalah kita apa. Kita ingin investasi yang berkualitas, menyerap lapangan kerja banyak. Kemudian alih teknologi. Apa lagi? Meningkatkan devisa,” ujarnya.

Bicara soal pajak, tahukah Anda jika di beberapa negara bebas dari pajak?

Beberapa negara di dunia memiliki perekonomian yang sangat stabil. Dengan demikian, pemerintah mereka tidak perlu memungut pajak dari warga negaranya. Negara-negara ini merupakan pilihan yang tepat bagi orang-orang yang ingin mengoptimalkan beban pajak mereka. 

Ada beberapa negara bebas pajak penghasilan di seluruh dunia, dan beberapa di antaranya bahkan merupakan tempat yang cukup nyaman untuk ditinggali. Negara-negara ini juga disebut “Surga Pajak.”

Surga pajak hanyalah negara yang menawarkan kewajiban pajak yang sedikit atau sangat rendah kepada individu atau bisnis. Sementara, surga pajak murni adalah negara yang tidak mengenakan pajak sama sekali.

Negara Bebas Pajak Penghasilan

Dilansir dari Cleartax dan Investopedia, berikut negara bebas pajak penghasilan:

1. Bahama

Bahama adalah salah satu negara paling menarik yang tidak memiliki pajak di Hindia Barat. Di sini, memperoleh kewarganegaraan tidak wajib untuk menikmati kehidupan bebas pajak. Masa tinggal minimal 90 hari sudah cukup untuk memperoleh status penduduk tetap. 

Ekspatriat yang ingin mendapatkan status penduduk tetap harus memiliki tempat tinggal selama minimal 10 tahun dan memenuhi syarat pembelian minimal lebih dari BSD$750.000 untuk memperoleh persetujuan yang lebih cepat.

Warga Bahama tidak dikenakan pajak atas pendapatan, keuntungan modal, warisan, atau hadiah. Pemerintah mengandalkan pendapatan dari PPN dan pajak materai untuk membiayai pengeluarannya. Selain itu, Bahama memiliki aturan yang ketat terkait keuangan ilegal seperti pencucian uang.

Jika Anda mempertimbangkan gaya hidup di Bahama, biaya hidup di sana relatif lebih murah. Bahama menawarkan layanan dan infrastruktur yang memadai. Namun, jika menyangkut layanan medis, layanan tersebut mungkin agak kurang. Ibukota Bahama, Nassau, terkenal sebagai kawasan wisata.

Nassau, seperti yang diharapkan sebagai daerah wisata, memiliki tingkat kejahatan yang cukup tinggi. Secara keseluruhan, jaraknya ke AS dan suasananya yang indah menjadikan Bahama tempat yang bagus bagi banyak ekspatriat pajak.

2. Panama

Panama adalah negara Amerika Tengah yang terkenal dengan berbagai gedung pencakar langit, pantai, dan kasino. Panama telah dikenal sebagai surga pajak karena undang-undang pajaknya yang menguntungkan dan regulasi keuangan yang menjaga kerahasiaan, sehingga menarik bagi individu dan bisnis yang ingin mengurangi kewajiban pajak dan menjaga privasi.

Industri jasa keuangan off-shore Panama memfasilitasi pembentukan perusahaan cangkang dan trust anonim, memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan kekayaan mereka dan menghindari pajak dengan efektif.

Perusahaan lepas pantai yang menjalankan bisnis hanya di luar yurisdiksi negara menikmati berbagai keuntungan seperti bebas pajak pendapatan, pajak perusahaan, atau pajak warisan. Lebih jauh lagi, mereka bahkan tidak perlu membayar pajak atas keuntungan modal. 

Hanya jika perusahaan-perusahaan ini ikut serta dalam bisnis lokal, mereka harus membayar pajak lokal. Negara ini juga memiliki undang-undang kerahasiaan perbankan yang ketat yang melindungi privasi pemegang rekening.

Namun, Panama telah menghadapi pengawasan dan tekanan internasional untuk meningkatkan transparansi dan menindak tegas kegiatan keuangan ilegal setelah skandal seperti kebocoran Panama Papers. Selain itu, Panama tidak memiliki undang-undang pengendalian pertukaran atau perjanjian pajak dengan negara lain. 

3. Kepulauan Cayman

Kepulauan Cayman merupakan surga pajak di Laut Karibia. Selain tidak memiliki pajak penghasilan, negara ini juga tidak memiliki pajak gaji, keuntungan modal, dan pemotongan pajak. Selain itu, negara kepulauan ini tidak memiliki pajak perusahaan, sehingga menjadi surga bagi perusahaan multinasional untuk memiliki anak perusahaan yang akan melindungi asset mereka dari pajak.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa negara ini merupakan salah satu negara bebas pajak terbaik untuk bisnis. Namun, biaya hidup di sini bisa sangat mahal. Anda akan membutuhkan sejumlah besar uang untuk mendapatkan tempat tinggal jangka panjang.

Jika Anda ingin melakukan investasi besar dalam bisnis lokal atau real estat, tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Namun, reputasi Kepulauan Cayman sebagai surga pajak juga menarik perhatian dari regulator internasional yang khawatir tentang pencucian uang, penghindaran pajak, dan transparansi keuangan.

Hal ini menyebabkan meningkatnya tekanan untuk reformasi dan transparansi yang lebih besar dalam beberapa tahun terakhir. 

4. Bermuda

Bermuda adalah tujuan bebas pajak penghasilan Karibia yang jauh lebih menarik daripada Bahama. Namun, biaya hidup di sana juga jauh lebih mahal. Lokasinya yang relatif terisolasi menjadikan Bermuda salah satu tempat dengan biaya hidup termahal di dunia Barat.

Bermuda sering dianggap sebagai yurisdiksi yang ramah pajak karena tidak adanya pajak penghasilan pribadi, pajak perusahaan, dan pajak keuntungan modal. Namun, negara bagian ini memungut pajak gaji pada pengusaha dan pajak tanah pada pemilik rumah dan penyewa jangka panjang.

Bermuda jauh lebih maju daripada sebagian besar pulau Karibia, dengan jalan raya dan transportasi umum yang sangat baik.

Selain itu, dari pantai berpasir merah muda yang terkenal hingga restoran-restoran mewahnya, Bermuda dianggap sebagai salah satu negara yang paling indah dan menyenangkan di Karibia. Banyak ekspatriat AS yang tinggal di Bermuda bekerja di sektor keuangan yang berkembang dengan baik di negara tersebut.

5. Monako

Terkenal sebagai taman bermain liburan abadi bagi orang-orang dengan kekayaan bersih yang sangat tinggi, Monaco telah lama dianggap sebagai salah satu tempat terindah dan paling diminati untuk ditinggali di Eropa.

Terletak di French Riviera, Monaco memiliki marina yang luas dan berkembang dengan baik yang biasanya ditempati oleh berbagai pilihan kapal pesiar dari seluruh dunia. Grand Prix Monaco adalah favorit orang kaya, dengan banyak apartemen disewakan seharga US$10.000 atau lebih per malam selama acara tersebut.

Tingkat kejahatan di negara ini termasuk yang terendah di dunia. Namun, satu kekurangannya adalah Monako juga merupakan salah satu tempat tinggal termahal di dunia. Mengakses lingkungan keuangan bebas pajak pendapatan di Monako cepat tetapi tidak murah.

Izin tinggal resmi dapat diperoleh dalam waktu kurang dari tiga bulan, tetapi mengharuskan menyetorkan uang sedikitnya 500.000 euro di bank Monako.

6. Uni Emirat Arab

Ada sejumlah negara penghasil minyak di Timur Tengah yang tidak memiliki pajak pendapatan atau pajak perusahaan. UEA dianggap sebagai salah satu yang paling menarik dengan pemerintahan dan ekonomi yang relatif stabil.

UEA memiliki ekonomi yang berkembang pesat dan lingkungan yang lebih multikultural daripada sebagian besar negara di Timur Tengah. Hal ini menghasilkan pilihan tempat hiburan dan liburan yang luar biasa. Tersedia juga fasilitas pendidikan yang sangat baik dan populasi warganya bisa berbahasa Inggris dengan baik.

7. Andorra

Terletak di pegunungan Pyrenees antara Prancis dan Spanyol, Andorra memiliki reputasi selama bertahun-tahun sebagai surga pajak, karena tidak mengenakan pajak penghasilan pribadi. Hal itu berubah pada tahun 2015 ketika negara tersebut memberlakukan tarif pajak yang dapat diskalakan, dibatasi hingga 10% untuk individu yang berpenghasilan lebih dari 40.000 euro setiap tahun.

Dibandingkan dengan tarif pajak penghasilan pribadi di negara lain, tarif Andorra yang rendah mungkin menjadikannya pilihan yang menarik untuk ditinggali. Lokasi pegunungan Andorra menjadikannya tempat yang indah bagi para pemain ski dan pendaki gunung.

Selain wisatawan yang gemar bermain ski, kehidupan di Andorra relatif tenang dan santai. Andorra terkenal tidak hanya karena tarif pajaknya yang rendah tetapi juga karena tidak adanya pajak warisan dan hibah. Sesuai dengan sikapnya yang ramah pajak, Andorra memiliki salah satu industri offshore banking, yang paling berkembang dengan baik di dunia.

Demikian terkait informasi mengenai negara tanpa pajak penghasilan. Melalui penjelasan di atas, apakah Anda tertarik tinggal di salah satu negara tersebut?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 13 Jul 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories