Inilah 10 Kota dengan Layanan Transportasi Umum Terbaik di Dunia

Inilah 10 Kota dengan Layanan Transportasi Umum Terbaik di Dunia (Freepik.com)

JAKARTA – Sistem transportasi adalah suatu sistem yang menghubungkan penumpang atau barang, infrastruktur, dan sarana transportasi yang saling terhubung untuk memfasilitasi atau memudahkan pergerakan penumpang atau barang dalam suatu tatanan baik secara alami maupun buatan.

Jaringan transportasi terdiri dari dua komponen utama, yaitu jaringan prasarana dan jaringan pelayanan. Jaringan prasarana mencakup simpul-simpul dan ruang lalu lintas.

Tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan dan kesehatan, menggunakan transportasi umum juga dapat menghemat waktu dan uang.

Dilansir dari surakarta.go.id, pada Minggu, 2 Juni 2024, jalur khusus bus dan jadwal yang teratur memungkinkan perjalanan menjadi lebih cepat dan efisien. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir tentang biaya parkir atau stres yang diakibatkan oleh kemacetan lalu lintas.

Adanya transportasi umum juga dapat menarik wisatawan asing karena mereka dapat dengan mudah berkeliling menggunakan transportasi umum. Dilansir dari Time Out, berikut kota dengan transportasi umum terbaik di dunia.

Kota di Dunia dengan Fasilitas Transportasi Umum Terbaik di Dunia

Berikut beberapa kota di dunia dengan fasilitas transportasi umum terbaik di dunia, antara lain:

1. Berlin

Nyaman, aman, dan selalu tepat waktu, transportasi umum di Berlin sungguh menyenangkan. Jadi, tidak mengherankan melihat Berlin menempati posisi teratas di sini, dengan 97% penduduk Berlin memuji jaringan transportasi kota mereka.

Baik penduduk lokal maupun wisatawan telah memanfaatkan U-Bahn, S-Bahn, dan bus selama beberapa dekade—bahkan ketika kota ini terbagi dua selama Perang Dingin. U-Bahn yang berada di bawah tanah sangat menyenangkan, sebuah labirin kereta yang efisien yang memindahkan orang dari satu tempat ke tempat lain dari pagi hingga malam.

Dengan 175 stasiun besar di sembilan jalur mungkin terdengar mengesankan, namun U-Bahn ini sangat mudah dinavigasi.

2. Praha

Ibu kota Ceko adalah salah satu kota terindah di Eropa, dan jaringan transportasi umumnya hanya menambah keindahannya. Dalam survei, 96 persen penduduk lokal Praha mengatakan kota mereka mudah dijangkau dengan transportasi umum. Dan itu tidak hanya nyaman, tetapi juga cukup spektakuler.

Praha tidak akan menjadi Praha tanpa melihat trem yang melaju kencang di depan gereja Gotik atau pemuja Renaisans—tetapi metro di sini bahkan lebih baik, dengan tiga jalur yang mudah digunakan yang mencakup hampir setiap bagian kota.

Setiap jalur memiliki karakter estetikanya masing-masing, mulai dari fasad bergaya bubble yang fotogenik di Jalur A (hijau) hingga desain futuristik di ujung Jalur C (merah). Jalur B (kuning) memadukan keduanya, dengan beberapa sisa-sisa komunis yang menarik bagi siapa pun yang tertarik pada periode tersebut.

3. Tokyo

New York memiliki stasiun terbanyak, Shanghai memiliki jalur terbanyak, tetapi tidak ada angkutan umum di dunia yang melayani sebanyak orang seperti di Tokyo. Anda mungkin pernah melihat video viral tentang kereta bawah tanah yang padat di ibu kota Jepang, dan pemandangan semacam itu memang sering terjadi.

Jaringan transportasi yang luas menjadikannya seperti sebuah labirin. Namun, angkutan umum di Tokyo dipelihara dengan sangat baik dan semakin mudah digunakan oleh orang-orang yang bukan penutur bahasa Jepang (serta penduduk setempat, 94% di antaranya mengatakan bahwa kota ini mudah dinavigasi dengan angkutan umum). Namun, mungkin yang terbaik adalah menghindari jam sibuk.

4. Kopenhagen

Kopenhagen memiliki zona khusus tanpa mobil dan infrastruktur sepeda yang memungkinkan penduduknya lebih memilih bersepeda daripada menggunakan mobil.

Untuk mendukung lebih banyak pengendara sepeda, kota ini menyediakan Cycle Superhighways, yaitu jalan yang memungkinkan pesepeda melewati perbatasan kota. Ibu kota Denmark ini juga dilengkapi dengan sistem angkutan umum multimoda kelas dunia, yang terkenal dengan tarif terjangkau dan jam operasional yang memadai.

5. Stockholm

Ibu kota Swedia ini adalah salah satu pemimpin Eropa dalam hal mobilitas dan inovasi ramah lingkungan. Pemerintah setempat telah melakukan investasi yang besar untuk mendorong peralihan ke kendaraan listrik, yang membantu meningkatkan kualitas udara di kota ini.

Stockholm juga memiliki jaringan bus, metro, trem, kereta komuter, kereta bawah tanah, dan feri yang luas, cepat, terjangkau, dan mudah diakses. Sistem transportasi ini juga terhubung dengan baik ke jaringan kereta api nasional Swedia yang terkenal efisien.

Sebagian besar stasiun di terowongan Stockholm dipenuhi dengan kreativitas, mulai dari mosaik hingga lukisan dengan berbagai tema.

6. Singapura

Negara ini terkenal dengan sistem MRT (Mass Rapid Transit) yang rutenya menghubungkan hampir setiap bagian dari negara kecil ini dan terintegrasi dengan bus dan LRT (Light Rail Transit). Dengan demikian, warga setempat dapat mencapai stasiun hanya dengan berjalan kaki selama 10 menit. Selain itu, semua bus di sini dapat diakses oleh kursi roda dan kereta bayi diperbolehkan.

MRT di Singapura sangat berkomitmen terhadap ketepatan waktu dan pemeliharaan, sehingga kereta datang tepat waktu setiap 2-5 menit sekali dan jarang mengalami gangguan teknis. Selain itu, kebersihan dan keamanannya tidak ada tandingannya. Harganya yang terjangkau menjadikan MRT moda transportasi pilihan bagi penduduk lokal dan wisatawan.

7. Hongkong

Hong Kong telah berhasil menduduki peringkat teratas Public Transit Sub-Index selama dua tahun berturut-turut. Negara dengan 7,6 juta penduduk ini memiliki sistem transportasi umumnya yang efisien, mudah dijangkau, dan sangat dapat diakses.

Jaringannya sangat luas, dan kota ini bangga dengan fakta bahwa 75% penduduknya tinggal dalam jarak satu kilometer dari stasiun metro—kurang dari 15 menit berjalan kaki. Semuanya juga sangat efisien, bersih, dan nyaman, dan Kartu Octopus memudahkan pembayaran

Sebagian besar wilayah Hong Kong sudah dijangkau oleh MTR (kereta bawah tanah), sementara daerah yang tidak terjangkau oleh MTR dapat dicapai dengan bus, trem, atau taksi. Bahkan, antar pulau di Hong Kong juga terhubung dengan baik melalui layanan feri.

Selain itu, banyak bangunan perumahan dan perkantoran dibangun di atas stasiun di Hong Kong. Tidak heran jika sistem angkutan umum Hong Kong memiliki tingkat penggunaan tertinggi di dunia.  

8. Taipei

Ibu kota Taiwan adalah salah satu kota paling layak huni di dunia. Sistem transportasi umum yang luar biasa adalah salah satu alasan utamanya. Metro Taipei (atau MRT) adalah salah satu sistem kereta ringan tersibuk di dunia, namun tetap mempertahankan efisiensi yang tinggi.

Taipei adalah salah satu kota yang paling mudah dilalui di Asia, dengan 92% penduduk setempat memberikan penilaian positif terhadap jaringan transportasi umumnya. Stasiun layang memberikan gambaran menarik tentang kehidupan jalanan sehari-hari kepada penumpang yang berkunjung. Selain itu, tanda-tanda berbahasa Inggris sangat membantu.

9. Shanghai

Shanghai memiliki jaringan metro terbesar di dunia dalam hal jarak yang ditempuh, kedua setelah New York dalam jumlah stasiun. Sistem kereta bawah tanah Shanghai didasarkan pada sistem kereta bawah tanah kontemporer terkenal di NYC, namun berbeda dengan sistem di Amerika, metro di kota terpadat di China ini tetap berjalan tepat waktu.

Selain kereta, sistem bus, maglev, taksi, dan feri di Shanghai juga bisa dibayar menggunakan Kartu Transportasi Umum Shanghai, kartu isi ulang tanpa kontak yang bisa dibeli dan diisi ulang di loket tiket. Penduduk Shanghai sangat puas dengan layanan ini, 91% responden dalam survei Time Out mengatakan transportasi umum membuat kota ini mudah dilintasi.

10. Amsterdam

Anda pasti akan melihat banyak sepeda melaju melintasi ibu kota Belanda, tetapi Anda tidak harus menggunakan kendaraan roda dua di sini. Transportasi umum Amsterdam mencakup berbagai wilayah, termasuk perairan. Jaringan kereta api, trem, feri, dan bus di kota ini sangat efisien dan bernilai baik.

Tidak heran 91% penduduk setempat memuji sistem transportasi umum kota ini dalam survei Time Out. Unduh aplikasi perjalanan GVB sebelum kunjungan Anda agar perjalanan Anda lebih mudah.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 02 Jun 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories