Google Tingkatkan Fitur-fiturnya untuk Pengguna Mobil Listrik

Makin Canggih! Google Upgrade Fitur-fiturnya untuk Pengguna Mobil Listrik (Android Auto - Google Play)

JAKARTA - Perusahaan produk internet raksasa asal Amerika Serikat, Google melalui layanan Google Maps baru saja dikabarkan menambahkan fitur baru yang berfokus pada mobil listrik untuk pengguna Android Auto melalui ponsel yang terhubung. 

Fitur ini khususnya akan hadir untuk mobil Ford F-150 Lightning dan Mach-E, di mana pengguna sekarang dapat melihat informasi tentang perkiraan daya baterai saat tiba di tujuan, lokasi stasiun pengisian, dan perkiraan waktu pengisian untuk perjalanan jarak jauh.

Fitur ini sebelumnya sudah ada untuk mobil listrik yang menggunakan Google terintegrasi (dikenal sebagai Android Automotive). 

Keberadaan fitur ini disebut-sebut pengguna sangat membantu dan mengurangi kekhawatiran tentang pengisian baterai. Dengan diperluasnya layanan ini pada versi Android Auto Maps, fitur mejadi dapat digunakan oleh lebih banyak pengguna.

Dikutip dari Digital Trends, keuntungan tambahan bisa didapatkan jika mobil Anda dilengkapi dengan sistem hiburan terintegrasi Google.

Seperti disebutkan, Google membawa browser Chrome ke mobil, yang akan diluncurkan dalam versi beta, terutama untuk Polestar dan Volvo. Hal ini memungkinkan pengguna untuk browsing saat mobil diparkir atau saat sedang diisi daya. Fitur yang telah lama tersedia dan sangat populer di mobil Tesla.

Google juga menambahkan lebih banyak pilihan media dengan menyertakan PBS Kids dan Crunchyroll. Selain itu, ada pengalaman cuaca baru dari The Weather Channel yang mencakup ramalan, peringatan, dan radar.

Tidak hanya itu, Google juga menambahkan tombol "kirim ke mobil" baru ke aplikasi Google Maps di ponsel, memudahkan perencanaan perjalanan sebelum Anda berangkat, sehingga semuanya sudah siap ketika Anda masuk ke dalam mobil. 

Ini hanya salah satu fitur tambahan yang membuat pengalaman menggunakan Google terintegrasi semakin menarik. Google terintegrasi akan segera hadir di lebih banyak mobil, dengan Nissan, Ford, dan Lincoln meluncurkan lebih banyak model dengan paket perangkat lunak ini pada tahun 2024.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 11 Jan 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories