Festival Aransemen Nangun Sat Kerthi Loka Bali Beri Ruang Musisi Bali Berkreasi

Panitia penyelenggara Festival Aransemen Lagu Nangun Sat Kerthi Loka Bali. (Balinesia.id/oka)

Denpasar, Balinesia.id - Sanggar RareAngon Sejati yang dipimpin musisi Gede Lanang Darma Wiweka alias Mr. Botax memberi ruang kreativitas para musisi Bali melalui Festival Aransemen Lagu Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Dalam konferensi pers di kawasan Sanur, 27 April 2022, ia menjelaskan festival yang akan dihelat. Musisi lintas usia, pengalaman, dan genre diberi ruang yang sama untuk mengaransemen lagu Nangut Sat Kerti Loka Bali yang diciptakan Agus Veron.

"Kami memberi ruang bagi kreativitas dan keunikan masing-masing peserta dengan berbagai gendre musik seperti rock, jazz, pop, keroncong, dan sebagainya.  Peserta akan memperebutkan total hadiah Rp150 juta dan piala Gubernur Bali," kata Lanang 'Botax'.

Baca Juga:

Untuk bisa berpartisipasi dalam lomba tersebut, peserta sudah bisa melakukan registrasi online pada 25 Juni 2022. Setelah karya terkumpul, 30 karya terbaik akan disaring dan lolos tahap selanjutnya secara live di masing-masing zona wilayah.

"Pada tahap ini, mereka akan perform untuk menjadi 9  peserta terbaik atau 3 besar di masing-masing zona seleksi. Nah dari, 9 peserta yang lolos itu akan masuk ke  grand final yang acarakan akan di gelar di Panggung Terbuka Ardha Candra Denpasar tanggal 23 Juli 2022. Sembilan peserta terbaik akan diberikan dana berlangsung sebesar Rp 5 juta. Jadi, mereka berangkat ke Denpasar sudah membawa uang. Selanjutnya juga akan ada hadiah untuk pemenang, terfavorit, dan sebagainya," kata dia.

Panitia pelaksana, I Made Dwi Putra Suartha mempertegas bahwa tiga zona yang dimaksud adalah kumpulan dari kabupaten yang ada di Bali. Pembagiannya, Kabupaten Jembrana-Buleleng-Tabanan akan jadi satu zona, kemudian Kabupaten Denpasar-Badung-Gianyar jadi satu zona seleksi, dan Kabupaten Bangli-Klungkung-Karangasem. "Syarat peserta adalah minimal dua orang anggota bandnya berasal dari daerah yang sama," ucapnya.

Lebih jauh, ia mengatakan untuk informasi yang lengkap, persayaratan lomba bisa dilihat kembali di media sosial Intagram @rasevent.id " Lomba dimulai dengan pengumpulan karya sampai tanggal 25 Juni 2022, kemudian akan ada tahap seleksi 30 besar secara online pada tanggal 28 Juni 2022. Setelah itu penilaian perform untuk menyaring peserta menjadi 9 peserta terbaik, masing-masing pada tanggal 2, 9, dan 16 Juli 2022, serta akan berlomba lagi pada grand final di Panggung Terbuka Ardha Chandra tanggal 23 Juli 2022," katanya.

Sanggar RareAngon Sejati adalah sanggar yang bergerak di bidang kesenian, baik tradisi maupun kontemporer. Selain festival, sanggar ini juga akan memfasilitasi ajang kreasi seni tradisional, seperti lomba mekendang tunggal. Khusus untuk Festival Aransemen Lagu Nangun Sat Kerthi Loka Bali, sanggar berkolaborasi dengan beberapa musisi ternama Bali yakni LOLOT Band, Navicula, Joni Agung & Double T, Nanoe Biroe, The Hydrant, dan Bayu KW. oka/jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories