Edukasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah Dukung Pemulihan Ekonomi Bali

Sejalan program Wonderful Ride Indonesia, serta upaya dalam mendukung pemulihan pariwisata dan ekonomi Provinsi Bali, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mengadakan sejumlah rangkaian kegiatan edukasi dan sosial di Kabupaten Buleleng. (Humas BI Bali)

Buleleng, Balinesia.id - Bank Indonesia menggelar kegiatan Edukasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah maupun kegiatan sosial lainnya untuk mendukung pemulihan pariwisata dan ekonomi di Provinsi Bali.

Sejalan program Wonderful Ride Indonesia, serta upaya dalam mendukung pemulihan pariwisata dan ekonomi Provinsi Bali, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mengadakan sejumlah rangkaian kegiatan edukasi dan sosial di Kabupaten Buleleng.

Bank Indonesia meyakini bahwa upaya pemulihan dan peningkatan kegiatan pariwisata di Kabupaten Buleleng juga harus didukung dengan kesiapan kesehatan masyarakat terhadap bahaya penyebaran virus Covid-19.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho menyatakan, keterlibatan Bank Indonesia dalam kegiatan Jambore Camper Van Indonesia dimaksudkan untuk mengajak masyarakat agar menjaga kelestarian alam Indonesia.

"Bank Indonesia secara konsisten memperkenalkan tempat wisata alam di Indonesia melalui uang Rupiah," ujarnya di Khrisna Land dan Bumi Perkemahan Den Bukit, kegiatan Pembukaan Jambore Camper Van Indonesia pada Selasa 15 Maret 2022.

"Bahkan salah satu lokasi Jambore kali ini berdekatan dengan objek wisata Pura Ulundanu, Danau Beratan yang pernah terabadikan pada uang Rupiah pecahan Rp. 50.000 tahun emisi 2005”, jelasnya.

Kegiatan Edukasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah dilakukan dalam bentuk talkshow dan berbagai lomba serta permainan/games kepada ± 400 peserta Jambore.

Melalui kegiatan edukasi ini diharapkan seluruh anggota Camper Van Indonesia memiliki pemahaman yang komperhensif atas makna Rupiah baik secara fisik, filosofi, maupun fungsinya.

Anggota Camper Van yang hadir menyatakan siap mendukung edukasi Rupiah dan turut mensosialisasikannya kepada kerabat mereka di berbagai wilayah nusantara.

Kegiatan edukasi Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah pada kegiatan Jambore Camper Van Indonesia mengawali rangkaian kegiatan di wilayah tersebut.

Sebagai lanjutan rangkaian kegiatan, Bank Indonesia bersinergi bersama Korem 163 Wirasatya, Kesdam IX Udayana dan BPD Bali mengadakan kegiatan vaksinasi booster kepada 1.050 orang masyarakat di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng pada 16 Maret 2022. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho dan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana.

Melalui pemberian vaksinasi booster diharapkan masyarakat tetap produktif beraktivitas untuk menopang kebangkitan ekonomi Bali. Pada saat yang sama, Bank Indonesia bersama Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya membagikan 1.000 paket sembako kepada masyarakat Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng untuk membantu penanggulangan dampak Covid-19.

Bank Indonesia bersama BPD Bali juga memberikan sosialisasi dan memperkenalkan transaksi menggunakan QRIS kepada masyarakat peserta vaksinasi.

Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, masyarakat di Kabupaten Buleleng dapat memahami cara penggunaan dan merasakan langsung manfaatnya sehingga terbiasa menggunakan QRIS dalam kegiatan bertransaksi sehari-hari. ***


Related Stories