Daftar 10 Negara dengan Fasilitas Kesehatan Terbaik di Dunia

Daftar 10 Negara dengan Fasilitas Kesehatan Terbaik di Dunia (Freepik.com/Jcomp)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengatakan bahwa negara mengalami kerugian sebesar Rp180 triliun karena satu juta warga negara Indonesia (WNI) masih memilih berobat ke luar negeri. Jokowi juga mencatat beberapa negara tujuan utama untuk berobat, yaitu Malaysia, Singapura, Jepang, Korea, Eropa, dan Amerika.

Jokowi mengaku masih memaklumi keputusan beberapa masyarakat yang memilih berobat ke luar negeri, mengingat fasilitas dan pelayanan kesehatan di Indonesia belum maksimal. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya penguatan industri kesehatan dalam negeri. Jokowi mencatat, 90% bahan baku farmasi dan 52% alat kesehatan masih diimpor.

Dikutip dari, setkab.go.id, dalam beberapa kesempatan saatmengunjungi rumah sakit di daerah, Jokowi menekankan pentingnya peningkatan fasilitas, pelayanan, dan sumber daya manusia (SDM) kesehatan di Indonesia.

Kualitas layanan kesehatan dapat sangat bervariasi antar negara. Beberapa negara dikenal memiliki sistem layanan kesehatan yang diselenggarakan negara dengan peralatan yang kurang memadai, staf yang kurang, dan kualitas yang rendah. Sementara negara lain cukup beruntung karena termasuk yang terbaik di dunia.

Menurut Indeks Layanan Kesehatan majalah CEO WORLD edisi 2024, Taiwan telah menduduki peringkat sebagai negara dengan sistem layanan kesehatan terbaik di dunia. Indeks ini memeringkat 110 negara berdasarkan berbagai faktor yang berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan.

Untuk mengetahui negara mana yang masuk dalam daftar 10 negara dengan fasilitas kesehatan terbaik, yuk simak artikel berikut.

Negara dengan Fasilitas Kesehatan Terbaik

Berikut negara dengan fasilitas kesehatan terbaik:

1. Taiwan

Taiwan menduduki peringkat teratas dalam hal fasilitas kesehatan terbaik di dunia. Negara ini menawarkan layanan medis berkualitas tinggi dengan biaya terjangkau melalui sistem pembayaran tunggal yang didanai oleh pajak dan premi. Indeks pelayanan kesehatan di Taiwan mencapai 78,72, tertinggi di dunia.

Sistem perawatan kesehatan Taiwan telah menuai pujian universal karena menawarkan perawatan dan layanan terdepan di dunia bagi semua warga negara (serta ekspatriat).

2. Korea Selatan

Korea Selatan, dengan indeks pelayanan kesehatan mencapai 77,7, hampir sebanding dengan Taiwan. Negara ini dikenal memiliki sistem kesehatan yang canggih dan efektif, dilengkapi dengan tenaga medis terampil dan fasilitas rumah sakit yang lengkap.

Korea Selatan menduduki peringkat teratas di antara negara-negara OECD untuk jumlah tempat tidur rumah sakit terbanyak (12,8 per 1.000 orang), dan memiliki tingkat obesitas terendah kedua.

Korea Selatan memang kurang dalam beberapa hal. Misalnya, meskipun akses warga Korea Selatan terhadap layanan kesehatan termasuk yang terbaik di dunia, dan dibiayai oleh iuran Layanan Asuransi Kesehatan Nasional, banyak orang masih harus membayar sendiri biaya pengobatan.

3. Australia

Australia menempati peringkat ketiga dengan indeks pelayanan kesehatan mencapai 74,11. Negara ini menawarkan fasilitas kesehatan yang memadai, termasuk program Medicare yang didukung oleh pemerintah. Tidak heran, Australia juga terkenal dengan tingkat harapan hidup yang tinggi di dunia.

4. Kanada

Kanada juga memiliki program layanan kesehatan yang mencakup seluruh warga negara dan penduduk tetapnya. Negara ini mengimplementasikan regulasi yang memastikan akses yang adil terhadap layanan kesehatan melalui bantuan sosial. Fasilitas kesehatan di Kanada juga sangat baik, yang tercermin dari indeks pelayanan kesehatannya sebesar 71,32.

Sistem perawatan kesehatan yang didanai publik di Kanada adalah sekelompok rencana asuransi kesehatan sosial yang menyediakan perlindungan bagi semua warga negara Kanada dan penduduk tetap. Kanada memiliki tingkat harapan hidup yang sangat tinggi, yang oleh banyak orang dikaitkan dengan efisiensi sistem perawatan kesehatannya.

5. Swedia

Swedia yang memiliki rata-rata harapan hidup sekitar 83 tahun, merupakan negara dengan fasilitas kesehatan yang memadai dan pelayanan yang terkenal unggul. Negara ini menempati peringkat kelima dalam indeks pelayanan kesehatan dengan skor 70,73.

Negara ini juga memiliki salah satu lama rawat inap terendah di Eropa, hanya 5,4 hari, dan angka kematian bayi kurang dari 2,6 per 1.000 kelahiran.

Untuk populasi 10 juta jiwa, Swedia memiliki tidak kurang dari 100 rumah sakit, yang memastikan bahwa bahkan orang-orang di daerah terpencil di negara itu memiliki akses ke layanan kesehatan berkualitas tinggi. Namun, yang benar-benar menjadi keunggulan Swedia adalah di bidang kesehatan mental, pada tahun 2024 kami menobatkan Swedia sebagai negara terbaik untuk kesehatan mental.

6. Irlandia

Irlandia menempati posisi enam dalam daftar negara dengan fasilitas kesehatan terbaik di dunia. Indeks pelayanan kesehatan di Irlandia mencapai 67,99. Di negara ini, setiap orang memiliki akses terhadap layanan kesehatan publik universal yang berkualitas tinggi. Layanan ini tersedia tanpa waktu tunggu tidak hanya bagi warga negara tetapi juga untuk penduduk baru.

7. Belanda

Belanda merupakan negara yang menjadi basis bagi banyak perusahaan farmasi terkemuka di Eropa dan menjadi pusat riset dan pengembangan farmasi. Selain itu, Belanda juga dikenal sebagai salah satu negara dengan fasilitas kesehatan terbaik, menempati peringkat ketujuh dalam indeks pelayanan kesehatan global dengan skor 65,38.

8. Jerman

Jerman menduduki peringkat kedelapan dengan indeks pelayanan kesehatan sebesar 64,66. Negara ini mengalokasikan sebagian besar dana untuk sistem pelayanan kesehatan universal multi-pembayaran. Sistem ini menjadikan Jerman dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pelayanan kesehatan yang paling maju di dunia, dan fasilitas kesehatannya pun terkenal sebagai yang terbaik.

9. Norwegia

Norwegia adalah negara yang menetapkan standar tinggi dalam aksesibilitas terhadap layanan kesehatan. Norwegia menempati peringkat kesembilan sebagai salah satu negara dengan fasilitas kesehatan terbaik di dunia, dengan indeks pelayanan kesehatan mencapai 64,63. Norwegia juga memiliki harapan hidup yang tinggi, rata-rata mencapai 83,1 tahun.

Norwegia, yang jauh lebih unggul di kancah global, menghabiskan anggaran perawatan kesehatan terbesar keempat di OECD.

10. Israel

Israel juga termasuk dalam daftar negara dengan fasilitas kesehatan terbaik di dunia. Dengan skor pelayanan kesehatan sebesar 61,73, Israel menduduki peringkat ke-10 di dunia. Secara hukum, semua warga negara dan penduduk Israel dijamin mendapatkan layanan kesehatan.

Itu dia beberapa negara dengan fasilitas kesehatan terbaik di dunia.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 20 Jul 2024 

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories