Cok Ace: Percepat Digitalisasi Pasar

Cok Ace (tengah) saat menyambangi Klungkung, Jumat, 3 September 2021. (Istimewa)

Klungkung, Balinesia.id - Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace meminta Bupati Klungkung Nyoman Suwirta untuk mempercepat digitalisasi pasar. Sosialisasi nontunai diharapkan dapat disosialisaikan lebih maksimal ke masyarakat.

“Sosialisasi cashless atau transaksi dengan non-tunai seperti memanfaatkan metode pembayaran “Qris” di pasar, sehingga masyarakat dalam melakukan transaksi menjadi lebih aman dan mudah, terlebih di masa pandemi saat ini untuk mengurangi interaksi bersentuhan tangan,” katanya dalam kunjungan ke Kabupaten Klungkung bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, Jumat, 3 September 2021.

       Baca Juga:

Cok Ace yang kini merupakaan Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Bali juga mengharapkan Kabupaten Klungkung bisa terus melakukan terobosan dalam mengatasi inflasi daerah, terutama dalam stabilitas kebutuhan pokok di lapangan. “Tim TPID Kabupaten Klungkung dapat terus berkoordinasi dengan Tim TPID Provinsi Bali, khusnya Bank Indonesia dalam mengatasi inflasi yang ada di lapangan,” kata Cok Ace.

Terkait hal tersebut, Trisno Nugroho mengatakan bahwa pihaknya sangat siap jika diminta melakukan pendampingan kepada para pedagang dalam penggunaan transaksi berbayar non-tunai, demi mempercepat transaksi nontunai di Bali. Sosialisasi yang masif ke depan, diharapkan dapat membentuk transaksi keuangan secara digital. 

       Baca Juga:

“Terlebih klungkung memiliki pasar yang mayoritas menjual kain endek, mungkin banyak wisatawan domestik yang berkunjung kesini namun tidak dapat melakukan transaksi pembayaran digital, untuk itu diharapkan pasar klungkung bisa segera digitalisasi sehingga yang berbelanja menjadi lebih aman dan mudah”, kata Trisno Nugroho.

Pada kesempatan itu, Cok Ace didampingi Trisno Nugroho juga menyerahkan bantuan sosial penanganan pandemi Covid-19 dari Bank Indonesia dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) berupa 300 paket sembako dan 5 ton beras. Bantuan tersebut diserahkan kepada Bupati Klungkung Nyoman Suwirta, bertempat di Kantor Bupati Klungkung. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories