Ciptakan Rasa Aman, Polresta Denpasar-Sipandu Beradat Pantau Rumah Pemudik

Kapolresta Denpasar, Bambang Yugo Pamungkas melakukan video call pada pemilik rumah di Denpasar yang ditinggal mudik. (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id - Jajaran Polresta Denpasar bersama komponen Sipandu Beradat, yakni Babinsa, Babhinkamtibmas, Pecalang, dan Linmas menggelar patroli mengamankan rumah warga yang ditinggal mudik. Pada Sabtu, 30 April 2022, patroli salah satunya dilakukan di lingkungan Banjar Tegal Kerta Monang Maning, Denpasar Barat.

Patroli malam itu dipimpin langsung Kapolresta Denpasar, AKBP Bambang Yugo Pamungkas, S.H., S.IK., M.Si., yang didampingi Kapolsek Denpasar Barat Kompol I Made Hendra A, S.I.K, M.H. Mereka tampak menyusuri gang dan memantau setiap rumah yang ditinggal mudik pemiliknya dan sebelumnya telah melapor ke kepala lingkungan (Kaling). Menariknya, Kepolresta Yugo Pamungkas juga sempat melakukan video call kepada beberapa pemilik rumah.

"Patroli ini digelar agar rumah pemudik aman saat ditinggal penghuninya jelang Lebaran 1443 Hijriah tahun 2022. Ada sekitar delapan rumah ditinggal mudik yang kami pantau bersama tim di wilayah Monang Maning Denpasar," katanya.

Baca Juga:

Ia mengatakan, patroli yang dilakukan juga merupakan implementasi dari kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya dengan mengelar pelatihan Komponen Sipandu Beradat, salah satunya Pecalang. Sebelumnya para Pecalang sudah diberikan pelatihan tugas kepolisian terbatas.

“Saya mengecek pelaksanaan dan di RT (Tegal Kerta, red) ini ada empat rumah yang ditinggal pemudiknya. Mereka menitipkan rumahnya kepada Kaling dan Komponen Sipandu Beradat yakni Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Pecalang, dan Linmas untuknmelakukan patroli. Astungkara (semoga, red) rumah yang ditinggal dalam keadaan aman,” kata Yugo Pamungkas.

Pada kesempatan tersebut ia juga menegaskan bahw patroli ini dilakukan secara berkelanjutan dan serentak di seluruh wilayah Polsek jajaran Polresta Denpasar, di mana patroli dilakukan secara berkelanjutan pada pagi, siang, dan malam hari.

“Targetnya rumah pemudik yang ditinggal itu aman, nyaman, dan pemudik tenang di sana. Rumah dan barang-barangnya itu aman,” ucap mantan Kapolres Sukoharjo ini.

Selain itu, pihaknya juga mohon dukungan semua komponen masyarakat menjaga keamanan di wilayah Denpasar, terlebih menjelang pengamanan G20.

Sementara itu, salah satu warga yang dihubungi melalui panggilan video call oleh Kapolresta Denpasar, yakni Haji Umar Said mengucapkan terimakasihnya kepada kepolisian dan komponen Sipandu Beradat lainnya. Ia merupakan warga Banjar Tegal Kerta yang tengah mudik ke daerah asalnya di Banyuwangi. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories