Cara Meningkatkan Kinerja Ponsel Android Agar Makin Cepat

Cara Meningkatkan Kinerja Ponsel Android Agar Makin Cepat (Pexels.com/Lisa)

JAKARTA - Tampaknya persaingan antara ponsel Android dengan ponsel iPhone bertenaga iOS memang tidak akan pernah berakhir. Namun, tentu Anda pasti setuju bahwa Android terus menerus memperbarui sistem operasi dan fitur-fiturnya dalam hal teknologi baru.

Hal itu akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai tugas di ponsel, seperti mengirim pesan singkat, melakukan panggilan, menggunakan aplikasi, dan semua aktivitas sehari-hari Anda.

Namun, di balik itu, Android adalah sistem yang kompleks, yang memainkan peran utama dalam aktivitas ponsel Anda. Penggunaan smartphone secara terus menerus bahkan juga dapat menguras tenaganya dan membuat kinerjanya jadi lebih lambat.

Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan berbagai cara berikut agar fungsi ponsel Android Anda semakin cepat.

Cara Meningkatkan Kinerja Fungsi Ponsel Android

Inilah cara mengoptimalkan kinerja ponsel Android agar semakin cepat.

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Copot pemasangan aplikasi yang sudah tidak digunakan. Hal ini secara otomatis akan meningkatkan kinerja ponsel sekaligus mengosongkan memori penuh.

Sayangnya, beberapa model Android dilengkapi dengan aplikasi pra-instal yang terkadang tidak berguna tapi pengguna juga tidak dapat menghapus pemasangan. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa memilih opsi Disable pada aplikasi tersebut.

2. Sesuaikan Notifikasi Pesan

Anda bisa menyesuaikan notifikasi pesan di Android 11 untuk memastikan kontak tertentu termasuk dalam kategori penting atau prioritas dan menjaga chat tetap berjalan. Anda dapat menampilkan pesan dalam bentuk bubble di atas program aktif lainnya.

3. Instal Aplikasi di Luar Play Store

Tidak seperti iOS, Anda dapat mengunduh aplikasi dari sumber atau website lain, bukan dari toko aplikasi milik perusahaan atau Google Play Store. Jika Anda tidak menemukan sesuatu di sana, Anda juga mempunyai opsi untuk membuka Play Store atau situs online lainnya.

Namun, jika Anda melakukannya, Anda perlu memastikan bahwa Anda mengunduh dari sumber yang dapat dipercaya. Hal ini karena mengunduh aplikasi dari sumber lain cukup berbahaya.

4. Gunakan Aplikasi Antivirus

Di sisi ini, tampaknya iOS menang dalam hal keamanan, karena Andoid jauh lebih terbuka dibandingkan iOS. Oleh karena itu, penting untuk memasang antivirus untuk menghindari serangan malware.

Meski Google memiliki versi keamanannya sendiri, memiliki antivirus dapat mengamankan smartphone dari berbagai serangan virus. Selain itu, jangan mengabaikan update sistem operasi terbaru.

5. Tingkatkan Penyimpanan atau Storage Ponsel Anda

Salah satu keunggulan terbesar Android dibandingkan iPhone adalah beberapa versi ponsel memiliki ekstra penyimpanan menggunakan kartu microSD. Dengan menggunakan microSD, Anda bisa memperluas kapasitas penyimpanan.

Itu tadi beberapa cara meningkatkan kinerja smartphone Android agar semakin cepat.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories