Cara Mengubah FYP TikTok Agar Sesuai dengan Preferensi Anda

Cara Mengubah FYP TikTok Agar Sesuai dengan Preferensi Anda (Pixabay)

JAKARTA - TikTok adalah salah satu media sosial yang kini cukup digemari. Seperti yang Anda ketahui, TikTok sering menyediakan konten sesuai dengan preferensi Anda sehingga membuat Anda mau terus menerus menelusuri berbagai konten selama berjam-jam.

Namun, bagaimana jika feed Anda tidak menampilkan konten yang ingin Anda lihat? Simak beberapa tips berikut ini.

Cara Mengubah Isi FYP TikTok Anda

1. Setel Ulang FYP TikTok

Jika FYP TikTok Anda sama sekali tidak relevan dengan minat Anda, maka Anda dapat mengatur ulang algoritmanya mulai dari awal.

Untuk mereset FYP TikTok, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, buka TikTok dan ketuk ikon Profil.
  • Ketuk ikon berbentuk tiga garis yang ada di kanan atas aplikasi dan pilih Settings & Privacy.
  • Scroll ke bawah ke bagian Content preferences. Di halaman berikutnya pilih opsi Refresh your For You feed.
  • Kemudian, Anda dapat memilih alasan mengapa Anda refresh feed Anda, lalu pilih ‘Send’. 
  • Setelah proses di atas selesai, Anda masih harus berinteraksi dengan konten yang tepat atau sesuai dengan Anda untuk menyempurnakan preferensi Anda.

2. Ikuti Akun TikTok yang Anda Suka

Jika Anda belum melakukannya, cobalah untuk mengikuti akun TikTok yang menurut Anda menarik dan sesuai dengan preferensi Anda. Langkah ini perlu dilakukan untuk memastikan Anda terus melihat pembuat konten tersebut terus menerus muncul di FYP Anda. Selain itu, hal ini juga akan membantu aplikasi merekomendasikan konten serupa.

3. Tonton Ulang Video yang Anda Suka di TikTok

Berdasarkan laman TikTok’s Support, menyebutkan bahwa waktu yang dihabiskan untuk menonton video tertentu umumnya lebih berpengaruh dibandingkan faktor lainnya. Jadi, ketika aplikasi TikTok mengenali perilaku Anda menonton sesuatu sampai selesai, aplikasi tersebut memahami bahwa kemungkinan besar Anda menikmatinya.

4. Pilih ‘Not Interested’ pada Video TikTok yang Tidak Anda Suka

Apa yang terjadi jika Anda menonton video sampai selesai dan hanya untuk mengetahui video tersebut sebetulnya clickbait? Hanya karena Anda menonton video sampai selesai bukan berarti Anda harus berhenti menonton konten yang sama selama berjam-jam.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda dapat memberikan feedback pada TikTok dengan menyatakan bahwa Anda tidak menyukai hal tersebut dan menghindari tren dan suara serupa di masa mendatang.

5. Klik Like dan Share pada Konten TikTok yang Anda Sukai

Cara tepat lainnya untuk memberi isyarat kepada TikTok mengenai topik yang Anda suka adalah dengan memanfaatkan tombol Like di sisi kanan layar. Setiap video yang Anda sukai akan masuk ke Library khusus di profil Anda untuk referensi nanti. Anda juga dapat memilih untuk menjadikan Library ini pribadi atau publik.

Itu tadi beberapa cara untuk mengubah FYP TikTok agar sesuai dengan preferensi Anda.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories