9 Tips Packing Minimalis Agar Liburan Lebih Praktis

9 Tips Packing Minimalis Agar Liburan Lebih Praktis (Freepik)

JAKARTA - Anda tentu sudah sangat menanti-nantikan liburan Natal dan Tahun Baru ini. Tidak mengherankan, waktu liburan memang mengasyikan dan membuat kita semua bisa berkumpul bersama dengan keluarga atau sahabat tersayang.

Namun, sebelum Anda pergi liburan, mungkin Anda harus memikirkan apa saja barang yang harus dibawa saat packing nanti. Hal ini perlu Anda pertimbangkan, agar barang bawaan Anda mencukupi kebutuhan saat liburan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin packing secara minimalis untuk meminimalisir kelebihan bagasi atau membawa barang yang tidak dibutuhkan saat liburan, Anda perlu melakukan beberapa tips berikut ini.

Tips Packing Minimalis untuk Liburan

1. Gunakan Smartphone

Ponsel adalah salah satu hal hebat untuk menghilangkan kebutuhan membawa banyak barang. Jika ponsel Anda bisa mengambil foto yang bagus, maka Anda tidak perlu membawa kamera. Selain itu, dengan adanya ponsel Anda tidak perlu membawa buku panduan perjalanan, peta yang dicetak, buku atau Kindle. 

2. Jaket Khusus Traveling

Jaket dan hoodie khusus traveling sekarang sudah menjadi hal yang cukup populer. Saat Anda memakainya, Anda bisa menyimpan berbagai barang bawaan di jaket, seperti uang, paspor, dompet, smartphone dan sebagainya yang bisa dengan mudah ditemukan tanpa repot mengaduk isi tas.

3. Periksa Lagi Isi Tas 

Setelah Anda melakukan packing, Anda mungkin ingin segera menutup ritsleting tas. Namun, jangan lupa untuk memeriksa tas untuk terakhir kalinya untuk melihat apakah ada sesuatu yang dapat Anda lakukan tanpanya atau ada sesuatu yang ingin Anda ubah.

Selain itu, Anda juga harus memastikan tas atau koper Anda masih tersisa ruangan untuk diisi oleh-oleh atau apapun yang mungkin ingin Anda bawa saat perjalanan pulang.

4. Gunakan Barang Serbaguna

Meski ada beberapa barang yang memiliki fungsi khusus, ternyata menggunakan barang serbaguna lebih hemat dan praktis apalagi saat liburan. Anda bisa memilih menggunakan produk 2-in-1 seperti sabun mandi yang berfungsi ganda sebagai sampo, lotion yang dapat berfungsi sebagai tabir surya, atau deterjen yang dapat digunakan untuk mencuci piring.

5. Jika Tidak Muat di Koper atau Tas, Pakailah di Badan

Hal ini mungkin trik yang cukup aneh, tapi tidak dapat dipungkiri bisa berhasil. Pilihlah barang terberat dan paling menyita ruangan dari koper Anda dan bepergianlah sambil memakainya.

Contohnya, pilih memakai sepatu kets yang berat daripada memasukkan sepatu tersebut di koper. Sandal jepit yang tipis bisa Anda selipkan di koper.

6. Pilih Tas yang Cocok

Salah satu tips packing minimalis adalah dengan memilih tas yang tepat. Carilah tas yang mudah dibawa dan tidak terlalu berat.

Selain itu, belilah tas yang memiliki banyak kantong dan kompartemen berbeda yang dapat Anda atur dengan rapi.

7. Bagikan Apa yang Anda Bisa

Dalam hal minimalis, memiliki teman perjalanan bisa menjadi keuntungan besar. Putuskan terlebih dahulu dengan teman Anda, siapa yang membawa barang apa. Contohnya, Anda membawa satu tabung pasta gigi kecil untuk digunakan bersama teman. Selain itu, teman Anda mungkin akan membawa produk cleanser yang mungkin tidak sanggup Anda bawa.

8. Batasi Perangkat Elektronik yang Dibawa

Barang elektronik bisa sangat merepotkan untuk dibawa saat liburan, terutama karena barang tersebut cenderung rapuh dan perlu dikemas dengan hati-hati bahkan dalam wadah yang besar.

Oleh karena itu, susun semua barang elektronik yang menurut Anda mungkin diperlukan. Contohnya, Anda mungkin tidak butuh membawa e-reader atau tablet, karena bisa mengakses dokumen atau membaca buku melalui ponsel. 

9. Jika Anda Tidak Yakin Membawa Barang Tertentu, Mungkin Anda Tidak Membutuhkannya

Jika hotel atau tempat Anda menginap menyediakan perlengkapan mandi yang cukup, maka Anda tidak perlu kerepotan membawa pasta gigi, sikat gigi, handuk, bahkan sampo.

Jangan membawa pakaian apapun yang tidak akan Anda pakai setidaknya dua kali atau sepatu yang Anda tahu mungkin tidak Anda pakai.

Segala sesuatu yang Anda ragukan sebelum dimasukkan ke dalam koper mungkin adalah sesuatu yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Pastikan hanya untuk membawa barang yang Anda butuhkan, bukan yang Anda sukai.

Itu tadi tips packing minimalis agar liburan Anda jadi semakin praktis! Selamat mencoba.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories