Cara Mengelola Keuangan Agar Tidak Terjebak Siklus Gali Lubang Tutup Lubang

Terjebak Siklus Gali Lubang Tutup Lubang? Simak Tips Mengatasinya dari Dave Ramsey (Signature Servicing)

JAKARTA - Persoalan keuangan biasanya akibat dari kesalahan dalam mengelola keuangan. Oleh karena itu, bagi Anda yang sering kehabisan uang bahkan sering gali lubang tutup lubang dengan berutang Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Pembawa acara radio dan penulis keuangan terkenal, Dave Ramsey, memberikan tips berharga tentang bagaimana mengatasi kesalahan keuangan “gali lubang, tutup lubang” untuk hidup. Tips ini disampaikan Ramsey untuk menanggapi curhatan seorang wanita bernama Melissa yang tengah mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan. 

"Dear Dave," tulisnya. "Ayah dan ibu saya selalu menyuruh saya untuk hidup sesuai kemampuan saya," tulisnya, menurut email yang diteruskan ke TheStreet dari Ramsey Solutions. 

“Sebagai orang dewasa, saya telah melakukan beberapa kesalahan dengan uang, termasuk kembali terlilit utang setelah melunasi semuanya. Saya bosan dengan rollercoaster ini, dan saya ingin mengendalikan keuangan saya selamanya. Bisakah Anda memberi saya beberapa saran di mana untuk memulai?" lanjut Mellisa.

Dalam tanggapannya, Ramsey menyatakan bahwa membuat kesalahan keuangan adalah hal yang manusiawi. Setelahnya Ramsey juga memberikan langkah-langkah untuk mengatasi kesalahan keuangan itu.

Pertama-tama, Ramsey menekankan bahwa setiap orang pernah melakukan kesalahan keuangan, dan ini bukanlah sesuatu yang harus membuat frustrasi. 

Dia menunjukkan bahwa kesalahan keuangan adalah bagian dari hidup dan mengingatkan pendengarnya bahwa saat ini adalah waktu yang baik untuk membuat perubahan.

Ramsey berbagi tiga tips jitu yang membantu dirinya keluar dari siklus kesalahan keuangan. 

Pertama adalah ketakutan, yang menjadi motivasi untuk mengurus keluarga dan pensiun tanpa masalah keuangan. 

Kedua adalah rasa jijik terhadap keputusan-keputusan bodoh yang diambilnya. 

Yang ketiga adalah kepuasan, di mana Ramsey menyoroti pentingnya tidak terjebak dalam ilusi bahwa kebahagiaan tergantung pada barang-barang materi.

Untuk mengatasi pola kesalahan keuangan, Ramsey menyarankan untuk memulai dengan membuat anggaran bulanan yang ketat dan tertulis. Dia juga menyarankan untuk menghindari tempat-tempat yang dapat membuat Anda tergoda untuk menghabiskan uang dan membuat daftar belanjaan yang perlu dibeli sebelum pergi ke toko. 

Menurut Ramsey, melakukan ini adalah langkah pertama menuju disiplin keuangan dan kebiasaan yang lebih baik.

Dengan memberikan saran praktis dan motivasi, Dave Ramsey berharap dapat membantu banyak orang untuk mengatasi kesalahan keuangan mereka dan menuju ke arah keuangan yang lebih baik.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 30 Dec 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories