Cara Bijak Mengelola THR untuk Memenuhi Kebutuhan Lebaran

Cara Bijak Mengelola THR untuk Memenuhi Kebutuhan Lebaran (Freepik.com)

JAKARTA - Tidak terasa bulan Ramadan segera berakhir. Itu artinya momen Lebaran akan segera datang.

Salah satu momen yang kerap ditunggu menjelang Lebaran adalah cairnya Tunjangan Hari Raya atau THR dari perusahaan tempat bekerja. 

THR jadi hal yang selalu dinantikan oleh para pekerja. Tidak dapat dipungkiri karena nominal THR sendiri cukup besar, minimal satu kali gaji pokok.

Meski begitu, tampaknya ada juga yang sering mengeluh kalau THR dan gaji menjelang momen Lebaran ini justru sering cepat habis.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengelolanya dengan bijak agar memberikan manfaat pada kehidupan Anda.

Anda bisa memanfaatkan uang dari THR untuk membayar cicilan pinjaman atau membayar utang agar segera lunas. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk dialokasikan pada investasi, seperti reksa dana, saham, atau emas.

Selain itu, Anda juga bisa menyimak beberapa cara belanja bijak agar THR tidak habis begitu saja, seperti berikut ini.

Cara Menggunakan Uang THR dengan Bijak

1. Susun Prioritas

Ingatlah prinsip kebutuhan dan keinginan. Anda harus dengan bijak memutuskan pengeluaran apa saja yang harus didahulukan.

Terkadang keduanya memang menjadi pilihan yang sulit. Namun, meski uang THR diberikan dalam nominal yang lumayan, tetap saja tidak akan mungkin bisa kita gunakan untuk memenuhi semua keinginan. 

Oleh karena itu, penting untuk membuat daftar prioritas kebutuhan. Kebutuhan tiap orang bisa jadi berbeda. Oleh karena itu, Anda tidak perlu untuk membandingkannya dengan kebutuhan orang lain.

2. Sisihkan dan Belanjakan Sesuai Urutan Prioritas

Bisa jadi prioritas utama Anda pada lebaran kali ini adalah ongkos mudik. Selain menyisihkan uang untuk tiket pulang kampung, Anda mungkin akan memerlukan biaya tiket transportasi, oleh-oleh, dan mungkin angpau untuk para keponakan.

Buatlah budget atau anggaran terlebih dahulu agar tidak berlebihan. Misalnya, oleh-oleh cukup dengan Rp500.000. Angpau untuk 10 keponakan jika ditotal harus cukup Rp1.000.000, dan sebagainya. Bahkan, jika sebetulnya Anda tidak mampu, Anda tidak perlu memberikannya uang tunai.

3. Manfaatkan Diskon dan Promo

Di masa-masa menjelang lebaran, biasanya banyak toko menawarkan berbagai program promo atau diskon. Penawaran ini bisa kamu manfaatkan untuk menekan pengeluaran. 

Meski begitu, Anda harus mengingat prioritas belanja Anda, agar tidak membeli belanjaan secara impulsif. Adanya diskon atau promo ini harus membuat Anda jadi lebih hemat, bukannya membuat Anda belanja barang-barang yang tidak Anda butuhkan.

Itu tadi beberapa cara bijak mengelola dan memanfaatkan uang THR agar tidak cepat habis. Selamat mencoba!

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories