7 Tanda Seseorang Tak Layak Menjadi Teman Anda

7 Tanda Seseorang Tak Layak Menjadi Teman Anda (Pexels / Aline Viana)

JAKARTA - Dalam menjalani kehidupan sosial, penting untuk cermat dalam memilih teman yang tepat. Namun, seringkali kita tidak menyadari bahwa tidak semua orang yang kita anggap sebagai teman sejati layak untuk dipertahankan dalam lingkaran sosial kita. 

Oleh karena itu, menjadi selektif dalam memilih teman adalah kunci untuk menjaga kesehatan hubungan dan kesejahteraan emosional kita. 

Psikolog klinis dan ahli pertemanan Dr. Miriam Kirmayer, mengatakan bahwa persahabatan Anda sangat penting bagi perkembangan pribadi, kesehatan, dan bahkan kesuksesan Anda.  Lebih lanjut Dr Miriam juga menjelaskan 7 tanda seseorang bisa jadi tak baik jika menjadi teman Anda. 

Ciri-ciri Seseorang yang Tak Layak Jadi Teman Baik Anda

1. Mereka Mengambil Lebih Banyak Daripada yang Mereka Berikan

Persahabatan seharusnya tentang keseimbangan. Anda tentu tidak ingin merasa seperti Anda memberi lebih banyak daripada yang Anda terima. Jika teman Anda terus-menerus meminta bantuan atau perhatian tanpa memberi balik, ini bisa membuat Anda merasa kelelahan. 

Dr Miriam mengatakan bahwa salah satu aspek terpenting dari persahabatan adalah "rasa keseimbangan atau kesetaraan".

2. Mereka Mengkritik Anda Secara Kasar

Memberi kritik adalah hal yang wajar dalam persahabatan, tapi ada batasnya. Jika teman Anda terus-menerus mengkritik Anda tanpa memberikan dukungan, hal ini tentu bisa merusak kepercayaan diri Anda.

Jika Anda terus-menerus diberitahu bahwa Anda melakukan sesuatu yang salah, "akhirnya bisa terasa seperti persahabatan itu bersyarat pada keinginan atau kemampuan kita untuk membentuk diri kita menjadi seperti yang mereka inginkan," kata Dr Miriam.

3. Mereka Tidak Merespons Feedback Dengan Baik

Persahabatan yang baik melibatkan komunikasi dua arah. Jika Anda memberikan umpan balik kepada teman Anda dan mereka tidak responsif, itu bisa menjadi tanda bahwa hubungan itu tidak sehat.

"Ketika Anda berbagi bahwa sesuatu membuat Anda tidak nyaman, sesuatu yang mereka katakan, apakah mereka responsif terhadap itu?" katanya. "Apakah mereka bersedia bertanggung jawab atau hanya mendengarkan Anda dengan cara yang memungkinkan untuk percakapan yang konstruktif?" terang Dr Miriam. 

4. Mereka Jarang Menginisiasi Komunikasi

Hubungan yang sehat melibatkan usaha dari kedua belah pihak. Jika Anda selalu yang menghubungi teman Anda dan mereka jarang menginisiasi kontak, itu mungkin menandakan ketidakseimbangan dalam hubungan.

5. Mereka Tidak Menghormati Kata "Tidak"

Teman seharusnya menghargai batasan Anda. Jika Anda mengatakan "tidak" pada sesuatu dan mereka terus memaksa, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka tidak memperlakukan Anda dengan hormat.

6. Mereka Suka Membicarakan Orang Lain

Gosip bisa menjadi hal yang normal dalam persahabatan, tapi ada batasnya. Jika teman Anda terus-menerus merendahkan orang lain dalam percakapan, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka tidak menghargai privasi atau kebahagiaan orang lain.

7. Mereka Tidak Peduli Dengan Perkembangan Anda

Teman seharusnya mendukung Anda dalam perubahan hidup Anda. Jika mereka tidak tertarik atau peduli dengan apa yang terjadi dalam hidup Anda, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka tidak memperlakukan Anda sebagai teman yang baik.

Jika Anda mengenali tanda-tanda ini dalam hubungan Anda, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan apakah teman tersebut benar-benar memberi manfaat bagi kehidupan Anda.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 30 Mar 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories