Cara Aman Meminjamkan Uang kepada Keluarga dan Teman

Cara Aman Meminjamkan Uang kepada Keluarga dan Teman (Freepik)

JAKARTA, Balinesia.id - Dilema meminjamkan uang kepada keluarga atau teman bisa terjadi pada kita semua. Ketika hal itu terjadi mungkin membuat Anda jadi terasa tidak nyaman atau bahkan canggung.

Ada banyak alasan mengapa keluarga, saudara, atau teman Anda ingin meminjam uang kepada Anda. Mungkin hal itu bisa terjadi karena inflasi yang mungkin sangat berdampak bagi kehidupan teman atau saudara Anda. Selain itu, mungkin mereka sedang kehilangan pekerjaan. 

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa meminjamkan uang kepada teman atau saudara bisa berisiko. Anda mungkin tidak mendapatkan pelunasannya dengan segera, atau jika butuh waktu lama untuk mendapatkan uang Anda kembali, hubungan persaudaraan atau pertemanan Anda mungkin retak karena faktor tekanan keuangan ini.

Oleh karena itu, sebelum Anda mantap meminjamkan uang kepada saudara atau teman, simak beberapa cara berikut ini.

Cara Meminjamkan Uang dengan Aman

Ada beberapa langkah yang ingin Anda ambil sebelum meminjamkan uang kepada keluarga dan teman.

1. Beri Tahu Teman atau Saudara Anda Bahwa Anda Akan Mempertimbangkan Meminjamkan Uang

Belanja impulsif sebetulnya sudah cukup buruk. Namun, pinjaman impulsif juga bisa sangat berbahaya.

Jika ini adalah pinjaman yang penting, maka Anda berutang pada diri Anda diri sendiri untuk menentukan apakah Anda mampu meminjamkan uang hasil jerih payah Anda selama ini.

2. Perhatikan Kondisi Keuangan Anda

Anda perlu memeriksa kondisi keuangan, bagaimana arus kas Anda selama ini. Periksa anggaran Anda terlebih dahulu, dengan melihat anggaran tersebut untuk beberapa bulan ke depan, untuk berjaga-jaga jika ada pengeluaran besar yang belum Anda lupakan.

3. Buat Semuanya Secara Tertulis

Semakin banyak uang yang Anda pinjamkan, maka semakin penting untuk mendokumentasikan semua detail peminjaman ini. Misalnya, kapan Anda akan memperoleh uang Anda kembali? Apakah teman atau anggota keluarga tersebut akan membayarkan seluruh jumlah tersebut kepada Anda sekaligus atau secara bertahap, dan seterusnya.

4. Pikirkan Risikonya

Anda perlu memikirkan risikonya, apa yang terjadi jika anggota keluarga atau teman Anda tidak dapat membayar utang Anda. Perlu Anda pertimbangkan kembali, apakah membantu seseorang justru dapat menjadi kemunduran finansial yang serius bagi Anda.

5. Bersikap Nyaman Saat Menolak

Jika Anda keberatan untuk meminjamkan uang kepada keluarga, saudara, atau teman Anda, pastikan Anda tetap nyaman ketika menolaknya, dan tidak perlu Anda jelaskan lebih lanjut.

Terlepas dari hal itu, jangan takut bertanya untuk apa uang itu digunakan. Kemungkinannya adalah anggota keluarga atau teman Anda akan memberikan informasi tersebut secara sukarela. Namun, jika tidak, Anda tetap berhak untuk bertanya.

Perlu Anda yakini bahwa teman atau anggota keluarga manapun yang benar-benar peduli pada Anda akan mengerti jika Anda tidak mampu meminjamkan uang kepada mereka.

Itu tadi penjelasan mengenai cara aman meminjamkan uang kepada saudara, keluarga, atau teman Anda.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories