Buka Mahasabha VII Para Gotra Sentana Dalem Tarukan, Cok Ace Ingatkan Persatuan Krama Bali

Cok Ace ketika membuka Mahasabha VII Tahun 2023 Para Gotra Sentana Dalem Tarukan (Balinesia.id/IST)

Gianyar, Balinesia.id -  Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace mengingatkan masyarakat Bali untuk menjaga persatuan dan kesatuan antarmasyarakat. Menurutnya, rasa persaudaraan harus tetap dibangun dan dijaga, demi Bali yang semakin baik.

Pernyataan itu dinyatakan mantan Bupati Gianyar ini ketika membuka Mahasabha VII Tahun 2023 Para Gotra Sentana Dalem Tarukan di Bale Los Utama Mandala Pura Puri Agung Dalem Tarukan, Pejeng Gianyar, Minggu, 12 Maret 2023.

Baca Juga:

“Perbedaan itu bukan alasan bagi kita untuk menjaga jarak agar saling berjauhan dan hidup tanpa baju membahu, namun perbedaan menjadi sebuah alasan bagi kita untuk meningkatkan rasa persaudaraan, rasa solidaritas dan rasa toleransi antar warga di Bali,” katanya. 

Tokoh Puri Ubud ini juga mewanti-wanti agar masyarakat Bali dapat menjaga dan mengeratkan persaudaraan agar semua masyarakat Bali bersatu dalam membangun Bali. Ia mengingatkan masyarakat untuk mengkonsumsi informasi secara jernih, sehingga tidak terpancing dengan berita-berita hoaks yang tersebar melalui media massa. 

Baca Juga:

“Agama dan jagat Bali tidak dapat terpisah dari wangsa, soroh dan klen persaudaraan dalam membangun budaya di Bali. Karena dengan menjaga Bali secara erat dan penuh toleransi akan mampu mewujudkan Bali yang aman dan damai,” ucapnya. 

Ia menambahkan, pelaksanaan Mahasabha Para Gotra Sentana Dalem Tarukan tersebut sudah sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, yakni menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali melalui sekala dan niskala.

Baca Juga:

"Keseimbangan alam tidak hanya secara sekala yang harus dijaga, namun juga secara niskalanya. Karena secara kasat mata keseimbangan semesta baik sekala dan niskala itu nyata adanya, berdasarkan konsep Tri Kaya Parisudha dimana sebelum bertindak kita harus mensinkronkan dampak yang akan ditimbulkan melalui cara berpikir dan berkata terlebih dahulu,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories