Pembangunan Fasilitas Pura Besakih Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Siap Diresmikan Presiden Jokowi

, Gubernur Bali I Wayan Koster meninjau berbagai persiapan ke Pura Agung Besakih yang merupakan salah satu pura penting di Bali dan banyak dikunjungi wisatawan. (Humas Pemprov Bali)

Denpasar, Balinesia.id - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan meresmikan bangunan fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih di Kabupaten Karangasem Bali yang menghabiskan anggaran hingga Rp911 Miliar atau hampir Rp1 Triliun.

Menjelang peresmian oleh Presiden Jokowi, Gubernur Bali I Wayan Koster meninjau berbagai persiapan ke Pura Agung Besakih yang merupakan salah satu pura penting di Bali dan banyak dikunjungi  wisatawan.

Daei informasi Gubernur Koster, diketahui angaran sebesar itu bersumber APBN Kementrian PUPR sebanyak Rp 428 Milyar dan dari APBD Semesta Berencana Provinsi Bali sebesar Rp 483 Milyar.

Disampaikan Gubernur Koster, bangunan Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih menjawab salah satu Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru.

Dalam menyemarakkan peresmian oleh Kepala Negara, rencananya bakal disambut ribuan warga Bali.

Soal kedatangan Presiden Jokowi yang akan melakukan lawatan ke Pura Agung Besakih disampaikan langsung Gubernur Bali I Wayan Koster.

"Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo berkenan akan meresmikan Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih di Kabupaten Karangasem Senin 13 Maret 2023," kata Gubernur Koster dari keterangan tertulisnya Sabtu 11 Maret 2023.

Kata Koster, Presiden Jokowi diagendakan melakukan penandatanganan Prasasti di depan bangunan Candi Bentar Margi Agung

Setelah itu, dilanjutkan meninjau langsung Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih.

Sebelumnya, acara Pemelaspasan telah dilaksanakan pada rahina
Purnama Kasanga, Senin 6 Maret 2023.


Bersama Kapolda Bali, Irjen. Pol. Putu Jayan Danu Putra dan Sekda Provinsi Bali, Dewa Made, Gubernur Koster melakukan pengecekan persiapan kedatangan Presiden Jokowi di Pura Agung Besakih Sabtu 11 Maret 2023.

Acara penyambutan secara meriahkedatangan Presiden dari Bandara I Gusti Ngurah Rai menuju Kawasan Suci Pura Agung Besakih.

Ribuan masyarakat Karangasem menyambut kedatangan Presiden di Besakih, juga masyarakat Klungkung dan Karangasem akan menyambut di sepanjang jalan yang dilintasi rombongan Bapak Presiden.


Kata politikus asalDesa Sembiran, Buleleng ini, berkat restu Ida Bhatara Lingsir di Pura Agung Besakih dan restu alam se-Bali, Presiden Jokowi berkenan meresmikan langsung Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh masyarakat Bali mendoakan acara peresmian yang bersejarah bagi Peradaban Tatanan Kawasan Suci Pura Agung Besakih Dalam Bali Era Baru ini berjalan dengan lancar dan sukses.


Terwujudnya Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih merupakan program prioritas Gubernur Bali, Wayan Koster yang dilaksanakan dengan fokus, tulus, dan lurus sebagai implementasi visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali
melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru. ***


Related Stories