Budidaya Madu Trigona di Badung dan Pengolahan Talas di Buleleng Jadi Objek Pengabdian Kerja Sama Internasional Unwar-CBSUA Phillippines

Kerja Sama Unwar dan CBSUA Phillippines. (Balinesia.id/jpd)

Denpasar, Balinesia.id – Universitas Warmadewa (Unwar) membangun kerja sama dengan Central Bicol State University of Agriculture (CBSUA) Phillippines. Kerja sama bertajuk “International Community Services Program and Guest Lecturer” itu salah satunya akan diwujudkan melalui pengabdian kepada masyarakat terhadap budidaya pertanian di Bali.

Dua budidaya pertanian yang dipilih untuk dikunjungi kunjungan adalah budidaya madu trigona (madu kela-kela) yang dibudidayakan Kelompok Sarining Trigona Pertiwi, Desa Bongkasa Pertiwi, Badung serta Pengolahan Talas PKK Desa Wanagiri, Buleleng.

Kepala LPM Unwar, Prof. Dr. Drs Wayan Wesna Astara, S.H., M.H., M. Hum., pada pembukaan kerja sama bertama “Strengthening Capacity of Sarining Trigona Pertiwi Beekeeper and Woman Group (PKK) Through International Networking” itu di kampus setempat, Rabu, 21 Juni 2023 mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu upaya mewujudkan visi Unwar yang “Bermutu, Berwawasan Ekowisata, dan Berdaya Saing Tahun 2034”.

Baca Juga:

Kerja sama mencakup tiga bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun kerja sama akan berlangsung selama 6 hari. 

“Prodi-prodi yang di Unwar diharapkan bisa memanfaatkan kerja sama ini untuk ikut dalam program sesuai dengan MoU yang dilakukan. Apalagi, tidak hanya dengan Filipina, Unwar juga akan terus meningkatkan kerja sama dengan negara lainnya. Pada bulan Agustus 2023, Unwar akan menjalin kerjasama dengan Jepang,” katanya.

Sementara itu, Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, M.P., mengatakan Unwar telah menjalin kerja sama dengan CBSUA Phillippines sejak 2017 lalu. “Berbagai implementasi kegiatan tri dharma sudah dilakukan bersama. Bahkan, Unwar sudah melakukan kunjungan ke CBSUA Phillippines, sehingga sebagai kunjungan balasan, kali ini CBSUA Phillippines melakukan kunjungan balasan ke Unwar,” bebernya.

Baca Juga:

Kerja sama Unwar dengan CBSUA Phillippines ke depan juga akan mencakup ke dalam riset yang diharap dapat memberi dampak baik bagi Unwar dalam rangka menyongsong Warmadewa Go to ASEAN. “Kerja sama ini akan memiliki dampak yang luar biasa dan semangat Warmadewa untuk Menyongsong Era Global 2034 yang dimulai dari ASEAN,” ucap dia.

Di sisi lain, perwakilan CBSUA Phillippines, Prof. Hanilyn Aguilar Hidalgo mengaku senang bisa melakukan International Community Services Program and Guest Lecturer di Unwar. Kegiatan ini serangkaian kunjungan balasan yang sebelumnya Unwar telah berkunjung ke CBSUA Phillippines.

Ia berharap kerja sama dapat terus berlanjut. “Sehingga, apa yang menjadi harapan dan tujuan masing-masing perguruan tinggi bisa tercapai. Terutama dalam hal Meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi ke depannya,” ucapnya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories