Balinesia Menangkan Karya Favorit pada KPAB Gojek dan AMSI

Ilustrasi Kompetisi Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) yang digelar Gojek dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id - Tulisan berjudul “Masa Pandemi, Pelaku Usaha Terbantu Banyaknya Pelanggan Manfaatkan Transaksi GoPay” berhasil masuk sebagai karya favorit pada Ajang Kompetisi Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) yang digelar Gojek dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

Karya yang diangkat jurnalis Balinesia.id, Rohmat, merupakan salah satu tulisan yang dinilai tim Juri dari 291 karya jurnalistik yang mengikuti kompetisi KPAB 2021.

Atas raihan itu, Rohmat menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Gojek dan AMSI karena di tengah pandemi ini memberikan ruang yang luas bagi jurnalis untuk menghasilkan karya-karya terbaiknya yang bisa mendorong semangat dan optimisme masyarakat.

"Saya melihat semangat luar biasa para pelaku usaha di Bali untuk bangkit menghadapi situasi berat saat pandemi dan cukup banyak yang memanfaatkan transaksi non-tunai yang sangat membantu usaha mereka seperti Gopay," tuturnya.

Karena itulah, dirinya menuangkan hasil reportase yang mencerminkan kondisi di lapangan, dalam karya jurnalistik.

Harapannya, ke depan, dengan capaian ini semakin memotivasi jurnalis lainnya untuk melahirkan karya-karya jurnalistik yang berkualitas, memberi efek positif bagi perubahan di masyarakat.

Kompetisi Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) 2021 yang diselenggarakan pada 27 September - 19 November 2021 mendapat antusiasme dari ratusan jurnalis dari berbagai platfrom seluruh Tanah Air.

"Kami mengucapkan selamat atas terpilihnya karya Anda dengan judul “Masa Pandemi, Pelaku Usaha Terbantu Banyaknya Pelanggan Manfaatkan Transaksi GoPay” sebagai salah satu karya favorit juri," tulis panitia KPAB dalam keterangannya.

Penjurian KPAB terhadap 291 karya jurnalistik yang mengikuti kompetisi KPAB 2021 dilakukan secara berimbang dengan memperhatikan empat aspek utama, yakni kesesuaian dengan tema, orisinalitas, kualitas dan kedalaman penulisan dan penyajian karya jurnalistik.

Penilaian juga dilakukan dewan juri yang kompeten dari internal Gojek dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

Gojek menggandeng  Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) pada tahun ini kembali menggelar Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB).

Melalui kegiatan ini, Gojek ingin membangun semangat dan optimisme masyarakat di tengah pandemi melalui karya jurnalistik berkualitas_

Ajang ini sebagai penghargaan bagi jurnalis yang menghasilkan karya jurnalistik berkualitas, bermanfaat bagi masyarakat serta turut berkontribusi membangun ekonomi digital di Indonesia.

Sebelumnya, ajang ini untuk pertama kalinya digelar dengan sukses pada 2020.

KPAB tahun ini digelar mulai 27 September 2021 hingga 30 Oktober 2021, berkolaborasi dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

Kompetisi ini bertujuan membangun semangat masyarakat di tengah pandemi yang masih berlangsung, untuk produktif dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Program KPAB 2021 ini juga bagian dari perayaan 11 tahun Gojek, yang menandakan perjalanan untuk terus tumbuh bersama dan membuat perubahan positif, untuk masyarakat dan bangsa.

VP Corporate Communications Gojek sekaligus Ketua Penyelenggara Kreasi Pewarta Anak Bangsa, Audrey Progastama Petriny* mengatakan, insan pers berkontribusi sangat besar dalam menginspirasi dan turut mencerdaskan bangsa melalui karya-karya jurnalistik.

"Insan pers juga berperan besar dalam mendorong Gojek untuk selalu beKarya jurnalistik yang lahir untuk mengajak masyarakat tetap positif dan produktif di tengah pandemi ini sejalan dengan berbagai inovasi layanan yang dihadirkan oleh platform digital,” katanya.  

Sementara Ketua Umum AMSI Wenseslaus Mangut menyambut baik kolaborasi ini. Menurutnya, inisiatif ini sejalan dengan semangat kami untuk mendorong lahirnya lebih banyak karya-karya jurnalistik yang berkualitas.

"Kami berharap kompetisi ini dapat menggairahkan optimisme masyarakat agar tetap produktif selama pandemi tanpa mengabaikan protokol kesehatan,” kata Kak Wens, sapaannya.

Gojek dan AMSI mengundang jurnalis cetak dan online di nasional dan daerah untuk berpartisipasi mengirimkan karya terbaiknya.

Tema utama KPAB 2021 adalah: *“Layanan platform digital, andalan bangkit bersama hadapi pandemi”.*

#BangkitBersama adalah gerakan yang diinisiasikan ekosistem GoTo, yang terdiri dari Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial, untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama-sama bangkit  dari pandemi COVID-19. (roh) ***

Editor: Rohmat

Related Stories