Bali akan Miliki IELTS Test Centre

Adi Arnawa (kiri) dan Matthew Downing (kanan) (Balinesia.id/ist)

Badung, Balinesia.id – Setelah mengunjungi Pemerintah Provinsi Bali yang diterima langsung oleh Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Wakil Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste melanjutkan safarinya ke Kabupaten Badung.

Dalam kunjungan pada Selasa, 7 Februari 2023, ia menyinggung rencana British Council yang akan membangun IELTS Test Centre di Bali. “Pemerintah Inggris akan terus mendorong pengembangan dan kemajuan pendidikan,” kata Matthew Downing.

Dijelaskan bahwa British Council adalah sebuah badan organisasi milik Pemerintah Inggris yang bergerak di bidang seni, budaya, dan pendidikan. Sebelumnya, British Council telah melakukan kerja sama dengan Pemkot Denpasar. 

Baca Juga:

“Ke depannya ini juga akan kami lakukan di Kabupaten Badung. Hal ini sebagai sebuah bentuk dukungan kepada generasi muda Bali khususnya Badung terutama dalam hal meningkatkan kapasitas kemampuan bahasa Inggris,” katanya. 

Jika IELTS Test Centre sudah ada di Bali, katanya, masyarakat Bali tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Surabaya atau ke Jakarta untuk mengikuti IELTS Test. “Sebentar lagi di Bali akan memiliki IELTS Test Centre untuk menunjang kemampuan bidang nahasa Inggris bagi warga Bali,” kata Matthew yang didampingi Deputy Head of Second Cities, Juliana Ritcher dan Deputy Head of Media and Communications, Faye Belnis.

Sekretaris Daerah Badung, I Wayan Adi Arnawa berharap ke depan potensi kerja sama di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan ekonomi dapat terjalin antara Pemda Badung dan Pemerintah Inggris. “Saat ini Pemkab Badung tengah fokus pada penangan sampah terutamanya sampah kiriman yang berasal dari luar Badung yang dimana permasalahan ini akan berdampak pada kedatangan wisatawan ke Badung. Dengan adanya kehadiran ini kita bisa sharing mengenai solusi penangan limbah dan polusi,” katanya

Baca Juga:

Selain itu, terkait dengan bidang pendidikan juga mengharapkan kerja sama dapat terealisasi antara Pemkab Badung dan Pemerintah Inggris, misalnya melalui program pertukaran pelajar atau mahasiswa dan juga pemberian kesempatan belajar dalam bentuk beasiswa di negara Inggris. Program pertukaran pelajar diharapkan dapat menjadikan generasi muda Kabupaten Badung dapat semakin berkualitas. rls/jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories