Bagus Ari Brahmanta: Dukung Aksi Pelestarian Lingkungan

Pembina Yayasan Puri Kauhan Ubud, Anak Agung Bagus Ari Brahmanta (paling kiri) berfoto bersama usai pelaksanaan talkshow. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id - Pembina Yayasan Puri Kauhan Ubud, Anak Agung Bagus Ari Brahmanta, mengajak berbagai elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung aksi pelestarian lingkungan. Hal itu dinyatakannya ketika menjadi salah satu pembiacara dalam Mengrove Festival yang digelar di Mangrove Information Canter, Suwung, Denpasar Selatan, Denpasar, 29 Juli 2023.

Ia yang tampil bersama sejumlah narasumber dari berbagai unsur itu mengatakan, sebagai salah satu lembaga yang konsen dengan isu-isu lingkungan, Yayasan Puri Kauhan Ubud selama ini telah melaksanakan berbagai kegiatan aksi lingkungan. Satu di antaranya adalah program Tandur Taru Urip yang dilaksanakannya pada 2022 lalu.

Baca Juga:

Program tersebut, lanjutnya, secara khusus dilakoni dengan melakukan aksi penanaman pohon secara simultan dan komprehensif dari hulu ke hilir, utamanya di kawasan Daerah Aliran Sungai Campuhan. “Program penanaman yang dilakukan dari wilayah hulu, yakni di Batur, tengah yakni di Ubud, dan pesisir Tukad Campuhan, yakni di Ketewel dan desa-desa sepanjang pesisir pantai Kabupaten Gianyar,” katanya.

Ke depan pihaknya berharap aksi-aksi tersebut dapat terus berjalan dan dapat digetoktularkan secara bersama-sama. “Apa yang telah dilaksanakan Yayasan Puri Kauhan Ubud tersebut, diharapkan dapat menginspirasi pihak lain untuk melakukan aksi-aksi pelestarian lingkungan termasuk di wilayah pesisir melalui penanaman mangrove dan tanaman pesisir lainnya,” katanya.

Baca Juga:

Talkshow saat itu mengangkat tema “Mangrove Indonesia untuk Dunia serta Ekowisata dan Pemanfaatan HHBK Mangrove” yang diikuti instansi pemerintah, akademisi, forum/kelompok kerja, BUMN, dan perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat serta kelompok masyarakat yang memiliki konsenpada pelestarian ekosistem mangrove.

Selanjutnya, sebagai rangkaian acara festival di lakukan penanaman mangrove dan pengumuman pemenang lomba Eco Games.  Setelah melalui penilaian yang ketat, Dewan Juri yang berasal dari Yayasan Puri Kauhan Ubud dan BPDAS Unda Anyar menetapkan bahwa pemenang lomba kategori SMA diraih oleh SMAN 2 Kuta Selatan dengan poin 146, kategori SMP diraih oleh SMP Insan Mulia Bali dengan poin  138, dan juara favorit diraih oleh SMAN 10 Denpasar. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories