Yayasan Puri Kauhan Ubud Kenalkan Ekosistem Mangrove lewat Games

Lomba Eco Games yang digelar dalam Festival Mangrove di Denpasar. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id - Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDASRH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menyelenggarakan Mangrove Festival di Mangrove Information Center, Suwung, Denpasar Selatan, Denpasar pada tanggal 28-29 Juli 2023.

Sebagai dukungan terhadap penyelenggaraan event bertema “Mengrove Indonesia untuk Dunia” tersebut, Yayasan Puri Kauhan Ubud turut berpartisipasi dengan mengisi kegiatan, mulai dari mengisi stand pameran, sebagai narasumber talkshow, hingga menggelar Eco Games.

Eco Games menjadi kegiatan yang menarik disumbangkan oleh yayasan pada kegiatan yang dihelat untuk memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada 26 Juli. Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud, AAGN Ari Dwipayana, mengatakan bahwa pihaknya sengaja menggelar lomba sebagai bentuk edukasi bagi kalangan muda dalam mengenal ekosistem mangrove.

Baca Juga:

“Lomba pengenalan ekosistem mangrove melalui Eco Games ini dikuti 45 siswa SMP dan SMA. Lomba diawali dengan pengenalan ekosistem mangrove yang difasilitasi oleh BPDAS Unda Anyar Bali,” katanya.

Ia menyebutkan jika lomba tersebut menggunakan perangkat Kartu Petunjuk dari Games Eco Treasure dan Kartu Alami Garden. Dalam permainan tersebut peserta ditantang untuk mengekplorasi obyek menggunakan indera pengelihatan, peraba, penciuman, dan pendengaran.  “Setelah melakukan eksplorasi di lapangan, peserta kemudian mendiskusikan temuannya dengan kelompoknya masing-masing. Selanjutnya peserta diminta membuat presentasi dan mempresentasikan hasil eksplorasinya di hadapan para dewan dewan juri,” katanya.

Baca Juga:

Ari yang juga Koordinator Staf Khusus Presiden ini berharap, melalui kegiatan tersebut peserta bisa tertarik dan teredukasi terkait dengan ekosistem mangrove. “Kami lihat peserta tetap bersemangat mengikuti seluruh rangkaian lomba yang berlangsung selama 8 jam. Dewan juri yang berasal dari tim BPDAS Unda Anyar dan Yayasan Puri Kauhan Ubud, saat ini masih melakukan penilaian. Pemenang lomba akan diumumkan tanggal 29 Juli 2023, bersamaan dengan penutupan Festival Mangrove 2023,” kata dia. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories