Babinsa Kodim 1626/Bangli Amankan Pemakaman Jenazah Covid-19

Proses pemakaman pasien Covid-19 di Desa Panglumbaran, Susut, Bangli. (Istimewa)

Bangli, Balinesia.id - Jajaran Kodim 1626/Bangli terus bersinergi dalam penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Bangli. Pada Kamis, 23 September 2021, Babinsa Koramil 1626-02/Susut Kodim 1626/Bangli, Serma I Wayan Renes turut mengamankan pemakaman jenazah pasien terkonfirmasi Covid-19.

Pengamanan dilakukan bersama Bhabinkamtibmas dan Satgas Penanganan Covid-19 setempat. Adapun jenazah yang bersangkutan dimakamkan di Setra Banjar Temen, Desa Penglumbaran, Susut. Pemakaman dilakukan menurut standar protokol pemakaman pasien Covid-19, di mana petugas tampak menggunakan APD lengkap.

Komandan Kodim 1626/Bangli, Letkol Inf I Gde Putu Suwardana, SIP, mengatakan kehadiran pihaknya di acara tersebut  dalam melaksanakan pengamanan maupun monitor suatu kegiatan. Langkah itu merupakan tugas pokok yang harus diutamakan oleh para Babinsa di tiap desa, terlebih dalam penanganan Covid-19.

"Ini menjadi penekanan pimpinan atas, sehingga kami dituntut proaktif bekerja sama dengan Satgas penanganan Covid-19 lainnya dalam pelaksanaan monitoring dan pengamanan kegiatan," kata dia.

Dandim menambahkan, kehadiran anggota Babinsa dalam kegiatan pemakaman jenazah positif Covid-19 bertujuan mencegah masyarakat yang berniat menyaksikan dalam jarak dekat proses pemakaman serta mengantisipasi adanya berbagai hal seperti penolakan dari warga disekitar tempat pemakaman. "Kegiatan pemakaman berjalan dengan aman dan lancar tanpa ada kendala yang berarti," katanya.

Suwardana juga kembali mengimbau kepada masyarakat untuk tetap bersama-sama memerangi dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona. "Hanya dengan cara selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, bisa mencegah penularan virus Corona. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, tetap berada di rumah kalau tidak ada hal yang mendesak. Kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan selalu cuci tangan dengan sabun, hindari kerumunan, dan jaga jarak. Hal ini untuk memutus mata rantai Covid-19,” pungkasnya. jpd

Editor: Jero P. Ariana
Jero P. Ariana

Jero P. Ariana

Lihat semua artikel

Related Stories