Alternatif Pilihan Wisata di Bali, UVJF Kembali Digelar

Komferensi pers UVJF 2022. (Balinesia.id)

Denpasar, Balinesia.id - Sempat vakum saat pandemi dan hanya diselenggarakan dengan line up nasional pada tahun 2021, tahun ini Ubud Village Jazz Festival (UVJF) kembali digelar dengan menghadirkan musisi jazz dunia. Penyelenggaraan ke-9 kali itu akan dilaksanakan tanggal 12-13 Agustus 2022 di Museum ARMA, Pengosekan, Ubud.

"Tahun ini UVJF berhasil lolos menjadi salah satu event Nusantara, semoga itu bisa menjadi dedikasi kami dan alternatif pariwisata di Bali selain alam dan budaya Bali," kata Co Founder UVJF, Yuri Mahatma dalam konferensi pers di Denpasar, 5 Agustus 2022.

Ia menilai ke depan UVJF dapat menjadi tujuan para pecinta jazz di Asia. Harapa itu bukanlah hal mustahil, sebab saat ini penikmat jazz di Bali sangat beragam. "Hal yang tidak mungkin bisa menjadikan Bali menjadi tujuan jazz Asia," kata Yuri.

Baca Juga:

Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Ida Ayu Indah Yustikarini mengatakan pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi, UVJF sebagai event yang lolos sebagai Kharisma Event Nusantara Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Menurutnya penyelenggaraan UVJF dapat mendukung pemulihan sektor pariwisata, karena akan melibatkan berbagai pihak. "Sehingga nantinya bisa membangkitkan pariwisata kita di Bali, namun jangan sampai melupakan prokes," kata dia.

UVJF 2022 akan menghadirkan sejumlah musisi jazz internasional,  di antaranya The Bernard Van Rossum yang pemain seksofon dan pengajar di beberapa konservatori musik di Eropa. Rossum turut membawa kuartennya yaitu Joan Terrol dan Xavier Vicente Terres (Spanyol) serta Marco Zenini (Italia).

Sementara itu, musisi-musisi Indonesia yang akan memeriahkan venue UVJF,  antara lain Tohpati, Balawan dengan Batuan Ethnic Fusion, Gev Delano, Band Panacea, Soulfeggio, Warman Sanjaya & Irsa Destiwi Projects, Gustu Brahmanta, Kasyfi Kalyasyena Trio feat Sandy Winarta, dan Dennis Junio & the Bali Connection.

Gustu Brahmanta mengatakan dirinya akan menghadirkan pertunjukan musik dengan memadukan musik jazz dengan gamelan tradisional Bali. "Ini akan menghasilkan kolaborasi musik Barat dan Bali," katanya. oka/jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories