Alasan Pentingnya Membersihkan Mesin Cuci Front Loading

Alasan Mengapa Penting Membersihkan Mesin Cuci Front Loading (Freepik.com/rawpixel)

JAKARTA - Mesin cuci adalah peralatan penting yang dimiliki di rumah. Hal ini karena mesin cuci dapat membantu kita untuk membersihkan pakaian kotor dengan cepat dan mudah.

Meski begitu ternyata banyak orang sering lupa bahkan tidak tahu untuk tetap membersihkan mesin cuci, karena mereka mengira mesin cuci dapat membersihkan sendiri. Hal itu memang benar, tapi mesin cuci tetap memerlukan pembersihan rutin untuk mencegah penumpukan jamur dan kotoran di dalamnya.

Alasan Pentingnya Membersihkan Mesin Cuci Front Loading

1. Jamur Akan Menumpuk

Jika Anda tidak rajin membersihkan mesin cuci front loading, bakteri akan menumpuk di drum mesin cuci dan di segel pintu, yang akhirnya berubah menjadi jamur. 

Jika hal ini terjadi, maka jamur akan bersentuhan dengan pakaian Anda sehingga cucian justru akan menjadi lebih kotor dan dipenuhi noda jamur. Untuk mencegah hal ini terjadi, penting untuk membersihkan mesin cuci Anda secara teratur.

2. Cucian Jadi Berbau

Jika mesin cuci front loading tidak dibersihkan secara rutin, cucian Anda kemungkinan besar akan berbau tidak sedap karena jamur, kotoran, dan kotoran lainnya akan menumpuk di drum mesin cuci Anda.

3. Menghemat Biaya Energi

Jika mesin cuci sudah kotor, Anda mungkin harus menggunakan siklus pencucian yang lebih tinggi atau lebih lama untuk membersihkan pakaian dan bahan cucian lainnya.

Hal tersebut dapat membuat tagihan energi jadi semakin tinggi setiap bulan. Hal ini juga berlaku jika Anda harus mencuci cucian untuk kedua kalinya karena baunya tidak sedap atau terdapat noda jamur.

4. Cucian Jadi Tidak Bersih

Mesin cuci yang kotor menghasilkan cucian yang kotor. Meski cucian Anda tidak tertutup noda yang terlihat jelas atau berbau tidak sedap, tapi tetap saja terdapat bakteri yang tidak terlihat yang dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi Anda dan keluarga.

5. Mesin Cuci Bisa Bertahan Lebih Lama

Membersihkan mesin cuci front loading secara teratur akan memastikannya bertahan lebih lama sehingga Anda tidak perlu membeli mesin cuci baru.

Jika deterjen cucian tersumbat di unit deterjen dan kotoran serta jamur menumpuk di mesin cuci Anda, komponen di dalam mesin cuci akan rusak sehingga perlu diperbaiki atau diganti.

Akan tetapi, jika Anda membersihkannya dengan baik setiap beberapa bulan, Anda akan terhindar dari masalah apapun.

Itu tadi alasan mengapa penting untuk rutin membersihkan mesin cuci front loading. 

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories