Abaikan Peringatan Bappebti, PT Rifan Financindo Berjangka Dibekukan

Kegiatan edukasi di PT Rifan Financindo Berjangka. dok. PT Rifan Financindo Berjangka. (PT Rifan Financindo Berjangka)

Jakarta, Balinesia.id - Dinilai tidak mengindahkan sanksi administratif berupa peringatan tertulis dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) akhirnya Pialang berjangka atas nama PT Rifan Financindo Berjangka.

Peringatan Bappebti telah dilayangkan sebanyak tiga kali. Peringatan diberikan kepada Rifan Financindo Berjangka untuk meminta pihak perusahaan melakukan langkah-langkah perbaikan terhadap penyimpangan-penyimpangan prosedur yang dilakukan.

Rifan Financindo Berjangka telah melaksanakan proses penerimaan nasabah dan transaksi yang tidak sesuai dengan prosedur sebagaimana hasil pemeriksaan Bappebti.

Direktur Utama dan Kepatuhan pun tidak menjalankan tugas, fungsi, dan kewenangan dalam memastikan kegiatan operasional perusahaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK).

Bappebti mendapati, Rifan Financindo Berjangka tidak dapat mempertahankan reputasi bisnis dengan banyaknya jumlah nasabah yang mengadu.

Pembekuan terhadap PT Rifan Financindo Berjangka tidak menghapuskan tanggung jawab perusahaan kepada nasabah.

“Pembekuan kegiatan usaha terhadap PT Rifan Financindo Berjangka tidak menghilangkan atau menghapus tanggung jawab perusahaan terhadap tuntutan nasabah atas segala tindakan atau pelanggaran yang menimbulkan kerugian bagi nasabah,” tulis Bappebti dalam keterangan resminya, Selasa, 8 Maret 2022.

Dengan dibekukannya kegiatan usaha PT Rifan Financindo Berjangka, Bappebti juga membekukan semua izin wakil pialang pada PT Rifan Financindo Berjangka.

Dikutip dari situs resmi perusahaan, PT Rifan Financindo Berjangka sudah berjalan selama 20 tahun di industri PBK dan terdaftar sebagai anggota PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero).

Selain terdaftar di KBI, PT Rifan Financindo Berjangka juga merupakan anggota PT Bursa Berjangka Jakarta dan terdaftar di Bappebti. ***

 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Idham Nur Indrajaya pada 08 Mar 2022 

Bagikan

Related Stories