9 Cara Meningkatkan Kinerja Ponsel Lama Anda, Tak Perlu Beli HP Baru!

9 Cara Meningkatkan Kinerja Ponsel Lama Anda, Tak Perlu Beli HP Baru! (Freepik.com)

JAKARTA - Jika ponsel lama Anda mulai menunjukkan tanda-tanda bertambahnya usia dan tidak dapat berfungsi secepat biasanya, jangan khawatir. Hal itu tidak berarti Anda harus membuangnya untuk membeli ponsel yang baru.

Daripada langsung menghabiskan banyak uang untuk membeli penggantinya, Anda bisa mencoba memperbaiki perangkat yang ada terlebih dahulu.

Kinerja ponsel yang lamban seringkali dapat diperbaiki dengan melakukan pemeliharaan sederhana berbasis perangkat lunak, yang dapat Anda lakukan hanya dengan beberapa langkah sederhana saja.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Tips Meningkatkan Fungsi Kerja Ponsel Lama Anda

1. Restart atau Mulai Ulang

Solusi tercepat untuk mempercepat kinerja ponsel Anda adalah dengan memulai ulang atau restart. Solusi ini dapat mengatasi banyak masalah yang mungkin memperlambat kinerja ponsel, seperti cache aplikasi yang tidak berfungsi, kesulitan terhubung dengan internet, dan gangguan memori.

2. Uninstal Aplikasi yang Tidak Anda Gunakan

Ponsel Anda bisa bermasalah karena memiliki terlalu banyak aplikasi yang terpasang. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak hanya dapat memperlambat kinerja ponsel karena dapat menghabiskan storage dan melakukan background refresh.

Oleh karena itu, Anda dapat melihat aplikasi apa saja yang paling jarang Anda gunakan. Anda bisa mengakses informasi tersebut lewat menu Settings. Jika sudah menemukan aplikasi yang jarang Anda gunakan, ketuk opsi Delete App.

4. Perbarui Aplikasi yang Tersisa

Sekarang setelah Anda hanya memiliki aplikasi yang biasa Anda gunakan, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan versi aplikasi yang paling optimal dan efisien.

5. Bongkar File Foto

File foto dan video cenderung menghabiskan sebagian besar ruang penyimpanan di ponsel. Anda dapat memeriksanya untuk melihat apakah ada file foto yang perlu dihapus atau jika terlalu memakan waktu, Anda bisa mengunggah semuanya ke layanan cloud atau Google Drive untuk mencadangkannya.

6. Hapus Cache

Semua halaman web yang pernah Anda kunjungi dan aplikasi yang Anda buka dapat meninggalkan sedikit data yang membuat ponsel Anda berjalan lebih lambat.

7. Perbarui Sistem Operasi

Sistem operasi versi terbaru biasanya berjalan lebih efisien. Oleh karena itu, pastikan Anda memperbaruinya untuk mempercepat kinerja ponsel Anda.

8. Hindari Menggunakan Widget

Widget adalah cara praktis untuk menjaga informasi yang dibutuhkan tetap ada di home screen dan di tengah layar. Namun, widget juga dapat menghabiskan sumber daya sistem dan menyebabkan ponsel Anda terasa lambat.

9. Periksa Baterai Anda

Battery health berperan besar dalam kinerja ponsel Anda. Battery health 80% atau lebih adalah kondisi yang optimal. Jika angkanya jauh di bawah itu, maka pertimbangkan untuk segera mengganti baterai.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja ponsel Anda. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories