6 Tips Mengatur Keuangan yang Tepat untuk Generasi Z

6 Tips Mengatur Keuangan yang Tepat untuk Generasi Z (Freepik.com/wirestock)

JAKARTA - Mengatur keuangan merupakan hal penting, terutama bagi generasi Z. Perlu diketahui bahwa generasi Z lahir setelah tahun 1997 dan telah terbiasa dengan teknologi internet dan media sosial sejak kecil.

Sebagian dari generasi Z kemungkinan sudah berusia dua puluhan tahun pada saat ini. Oleh karena itu, penting untuk memulai mempelajari bagaimana mengelola keuangan agar tetap terkendali.

Berikut beberapa tips mengelola keuangan yang cocok dilakukan untuk generasi Z.

Cara Mengelola Keuangan untuk Generasi Z

Pertimbangkan untuk Membuka Beberapa Rekening Bank

Meskipun memiliki beberapa rekening tabungan mungkin terdengar menakutkan, namun memiliki lebih dari satu rekening bank memiliki manfaatnya. Hal ini dapat membantu Anda untuk lebih berhemat dan membagi dana untuk tabungan, dana darurat, atau kebutuhan sehari-hari.

Rencanakan Masa Depan

Merencanakan masa depan adalah kunci untuk hidup yang nyaman apalagi setelah pensiun. Oleh karena itu, Anda perlu menabung lebih awal untuk memperoleh modal yang cukup saat pensiun.

Investasikan dana Anda di beberapa aset untuk menjaga arus kas bahkan setelah pensiun. Ini juga akan membantu Anda mengatasi biaya tak terduga di masa depan.

Ketatkan Anggaran

Berpegang teguh dalam menjalankan anggaran membantu Anda untuk berdisiplin dalam menabung. Hal ini akan membantu Anda untuk memisahkan dana belanja sehari-hari dari dana investasi.

Dokumentasikan dan Atur Keuangan Anda

Mengawasi pengeluaran Anda membantu Anda untuk mengelola keuangan dengan lebih baik. Mencatat pengeluaran setiap hari dan menghitung biaya bulanan akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kebiasaan belanja Anda.

Lunasi Utang Lebih Awal

Lunasi utang secepat mungkin untuk menghindari beban finansial di masa depan. Utang dapat menghambat kemampuan Anda untuk menabung lebih banyak uang dan mengembangkan kebiasaan belanja yang buruk.

Kenali Nilai Anda

Jangan puas dengan gaji rendah. Ketahui nilai pekerjaan Anda dan pastikan Anda dapat memenuhi kebutuhan serta menabung untuk masa depan. Jika mencari pekerjaan baru atau membidik promosi, pertimbangkan kontribusi Anda dan pengalaman kerja Anda sebelumnya.

Itu tadi beberapa cara mengelola keuangan yang cocok diterapkan bagi generasi Z. Selamat mencoba!

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories