5 Rekomendasi Wisata Kuliner Madiun, Cocok Dicoba Saat Mudik Lebaran

5 Rekomendasi Wisata Kuliner Madiun, Cocok Dicoba Saat Mudik Lebaran (Foto: Laman Pemkot Madiun)

JAKARTA - Tidak terasa sebentar lagi kita akan bertemu dengan momen Lebaran. Momen Idulfitri selalu dinantikan oleh mayoritas masyarakat Indonesia, karena bisa mudik atau pulang ke kampung halaman.

Mengunjungi sebuah kota saat liburan Lebaran tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Berbagai jenis makanan yang mungkin tidak bisa ditemui di daerah lain dapat menjadi incaran kulineran kala berwisata ke sebuah kota.

Momen libur ini tampaknya sangat cocok untuk merealisasikan hal tersebut. Sebab, wisata kuliner bisa menjadi alternatif menikmati liburan jika sudah bosan dengan kegiatan pelesir lainnya. Kota Madiun bisa menjadi salah satu destinasi wisata sekaligus kulineran yang patut untuk dikunjungi. 

Kota yang mahsyur dengan pecelnya ini ternyata memiliki ragam kuliner yang wajib dicicipi. Berikut 5 rekomendasi kuliner yang perlu dicoba saat berkunjung ke Kota Madiun.

Rekomendasi Wisata Kuliner di Madiun

Pecel Yu Gembrot

Depot Pecel Yu Gembrot (Foto: Streetview)

Rekomendasi kuliner pertama dibuka dengan makanan khas Kota Madiun sendiri yaitu nasi pecel. Menemukan penjual nasi pecel di Kota Madiun adalah hal yang sangat mudah sebab hampir di seluruh penjuru kota terdapat warung yang menyediakan menu ini.

Makanan ini dapat dijumpai kapan saja mulai pagi, siang, dan malam sehingga tak heran jika Julukan Kota Pecel sangat melekat dengan Madiun. Tempat makan Nasi Pecel Yu Gembrot merupakan satu dari sekian penjual pecel di Kota Madiun yang terkenal dan telah ada sejak 1942. 

Nasi pecel ini telah menjadi langganan bagi para pejabat, artis, dan kalangan papan atas lainnya termasuk Presiden Joko Widodo. Di warungnya bahkan terpajang foto-foto dari para tokoh yang sempat menyantap nasi pecel disitu.

Sepincuk nasi pecel disini terdiri atas nasi hangat, sayuran rebus berupa daun pepaya atau singkong, kecambah, krai, kembang turi dan lain sebagainya. Nasi dan sayuran itu kemudian diguyur dengan sambal kacang yang khas dan tidak pernah berubah selama tiga generasi. 

Kemudian diberikan tambahan lain seperti kering tempe, srundeng, daun kemangi hingga potongan timun. Untuk lauknya bervariasi bisa rempeyek, tempe dan tahu goreng, daging empal, telur ceplok, hingga beragam jeroan sapi seperti babat, usus, dan paru. 

Lokasi warung Yu Gembrot berada di Jl. Imam Bonjol No.33, Klegen, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63117 atau tepatnya di Pasar Besi Njoyo. Selain itu, terdapat cabangnya yang berada di Jalan Cokroaminoto Kota Madiun.

Ayam Goreng Pemuda

Restoran Ayam Goreng Pemuda (Foto: Streetview)

Menu selanjutnya yang bisa dinikmati kala berkuliner di Kota Madiun yaitu Ayam Goreng Pemuda. Restoran ini merupakan salah satu yang kerap dikunjungi oleh pejabat kala berada di Kota Madiun, tidak terkecuali mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Presiden ke-6 ini juga pernah menikmati makan di restoran tersebut.

Meski memiliki nama Ayam Goreng Pemuda, menu yang disajikan di restoran ini cukup beragam. Ayam Goreng Pemuda merupakan restoran yang menyajikan berbagai menu khas Indonesia dengan nuansa yang modern. Meski begitu, tetap terdapat ayam goreng yang menjadi menu andalan seperti nama restoran itu sendiri.

Lokasi Ayam Goreng Pemuda cukup strategis sebab berada di tengah pusat Kota Madiun. Alamatnya yaitu Jl. H. Agus Salim No. 154, Nambangan Lor, Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63174. Restoran ini buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Ayam Panggang Banjarejo

Foto: Instagram Ayam Panggang Banjarejo

Usai menyantap renyahnya ayam goreng beserta menu lainnya, kini saatnya ganti menyicipi ayam panggang. Ayam Panggang Banjarejo menjadi salah satu kuliner yang cukup dikenal di Kota Madiun. Meski begitu, lokasinya ternyata berada di perkampungan dan terletak di dalam sebuah gang. 

Ayam panggang Banjarejo memiliki dua varian rasa yaitu bumbu rujak dan bumbu bawang. Ayam panggang bumbu rujak memiliki cita rasa yang manis pedas dan gurih dengan balutan bumbunya yang terlihat merah. Adapun bumbu bawang bercita rasa gurih dengan aroma bawang yang semerbak harum.

Ayam yang digunakan untuk bahannya merupakan ayam kampung. Biasanya satu porsi terdiri dari satu ekor ayam yang dapat dimakan untuk 3-4 orang. Terdapat gubug dan tempat lesehan lainnya yang disediakan sebagai tempat makan. 

Lokasinya juga lumayan rindang di bawah pepohonan yang tumbuh di halamannya. Alamat lengkap Ayam Panggang Banjarejo yaitu Jl. Koperasi Gg. III No.60, Banjarejo, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63133.

Es Dawet Suronatan

Depot Es Dawet Suronatan (Foto: Streetview)

Usai menyantap tiga makanan berat di atas, kini saatnya menikmati segarnya segelas es dawet. Meski es dawet sendiri sebenarnya bukan berasal dari Kota Madiun, namun terdapat tempat makan yang terkenal akan minuman tersebut. Depot es dawet itu sendiri telah bertahan dari tiga generasi yang mengelolanya.

Es Dawet Suronatan disajikan dengan mangkuk kecil yang di dalamnya berisikan Perpaduan gula, santan dan aneka isian. Aneka isian tersebut berupa cendol dari tepung beras, bubur sum-sum, ketan hitam, potongan Nangka, dan tape singkong. Perpaduan yang pas dan sangat menyegarkan untuk dinikmati saat cuaca sedang terik.

Tidak hanya menjual es dawet saja, depot tersebut juga menjual beraneka makanan seperti gado-gado, nasi rawon, pecel, garang asem, dan lain sebagainya. Letak depot tersebut sangat strategis hanya 50 meter dari Alun-Alun Kota Madiun atau tepatnya di Jalan Merbabu No 10, Kota Madiun

Bluder Cokro

Pusat Penjualan Bluder Cokro (Foto: Streetview)

Sudah puas menikmati hidangan berat dan menikmati segarnya es dawet, maka penutup dari wisata kuliner kali ini yaitu Bluder Cokro. Kuliner ini merupakan produk roti legendaris yang telah ada sejak tahun 1989. Olahan roti ini seringkali dijadikan buah tangan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Madiun. 

Bluder Cokro memiliki tekstur lembut dengan berbagai isian mulai dari kismis, coklat, keju, hingga yang original pun juga ada. Bluder Cokro dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh Kota Madiun. 

Namun terdapat pusat toko sekaligus pabrik dari Bluder Cokro yang beralamatkan di Jl. Hayam Wuruk no.51-53, Kota Madiun. Di pusat tersebut, pengunjung akan diberikan banyak pilihan dan rasa dari Bluder Cokro

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 24 Dec 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories