Lebaran Hampir Tiba, Ini Cara Belanja Cerdas untuk Hemat Uang di Supermarket

Lebaran Hampir Tiba, Ini Cara Belanja Cerdas untuk Hemat Uang di Supermarket (Trenasia)

JAKARTA - Tidak terasa, Lebaran akan segera datang. Banyak orang mulai mendatangi pusat perbelanjaan baik itu pasar atau supermarket untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan untuk menyambut Hari Raya.

Meski begitu, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa pengeluaran semakin meningkat? Jika Anda mengalaminya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan lebih bijak saat belanja makanan.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Menghemat Pengeluaran untuk Makanan Saat Lebaran

Rencanakan Makanan Anda

Dalam hal mengurangi tagihan makanan Anda, hal yang paling sederhana dan bisa Anda lakukan adalah dengan meminimalisir munculnya sampah makanan.

Jika Anda dapat menguranginya menjadi nol atau sekitar itu, Anda akan menghemat banyak uang karena tidak banyak makanan yang terbuang. Cara untuk melakukan hal ini adalah dengan merencanakan apa yang ingin Anda makan.

Tidak dapat dipungkiri perencanaan makanan akan terasa membosankan atau merepotkan. Namun, jika tujuannya adalah untuk menghemat uang, perencanaan makanan mungkin merupakan hal yang memiliki dampak terbesar yang dapat Anda lakukan.

Tetap Berpegang pada Daftar Belanjaan

Pastikan Anda belanja barang-barang yang sudah Anda tulis di daftar saja. Anda juga harus bisa memutuskan, apa saja barang yang Anda butuhkan dan yang Anda inginkan.

Jika Anda tidak memerlukan suatu barang tertentu saat meninggalkan rumah, itu artinya Anda tidak memerlukannya sekarang.

Bandingkan Produk yang Berbeda 

Anda perlu membandingkan berbagai produk berbeda menggunakan harga satuan, bukan harga stiker. Itu artinya melihat berapa harga produk per gram, kilogram, liter, dan sebagainya.

Periksa Dapur Sebelum Belanja

Saat Anda merencanakan makanan Anda, bisa jadi Anda mendapati diri Anda menatap ke dalam lemari es atau kulkas sambil bertanya-tanya apa yang harus dimasak untuk makan malah. 

Jika Anda ingin berkreasi, mungkin ada makanan yang tetap bisa Anda buat dari bahan-bahan yang Anda lupakan di kulkas atau dapur. 

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk belanja hemat saat di supermarket, salah satunya menjelang Lebaran seperti sekarang. 

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories