5 Pertimbangan Penting Sebelum Beli AC Secara Online

5 Pertimbangan Penting Sebelum Beli AC Secara Online (Freepik)

JAKARTA - Membeli barang secara online seperti AC memang sangat memudahkan. Hal ini karena Anda tidak perlu repot-repot mengunjungi tokonya dan bisa memeriksa spesifikasinya secara detail.

Namun, sebelum Anda mantap untuk menyelesaikan pembayaran dan checkout AC secara online, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut agar Anda mendapatkan AC yang ideal, efisien, dan efektif untuk ruangan Anda.

Pertimbangan yang Harus Diperhatikan Saat Beli AC Online

1. Pertimbangkan Tonase

Seperti yang dilansir dari HT Tech, Tonase adalah kapasitas pendinginan AC. Untuk mendapatkan pendinginan yang optimal, pilih tonase yang sesuai dengan ukuran ruangan tempat AC dipasang.

Biasanya AC 1 ton cukup untuk ruangan dengan luas kurang dari 130 kaki persegi, sedangkan varian 1,5 ton cocok untuk ruangan dengan luas sekitar 185 kaki persegi.

2. Prioritaskan Efisiensi

Efisiensi energi memiliki peran penting dalam efektivitas biaya terkait dengan konsumsi energi yang digunakan oleh perangkat AC. Selain itu, Anda bisa mencoba jelajahi AC seri inverter yang dikenal karena mampu meningkatkan efisiensi.

3. Pilih Apakah Tipe Split atau Window

Anda bisa memilih antara AC window dan AC split berdasarkan preferensi Anda. Meski unit window lebih hemat biaya dan mudah untuk dipasang, AC split justru menawarkan distribusi udara yang unggul, estetika lebih menarik, dan mampu mendinginkan ruangan dengan lebih cepat. AC split juga memiliki efisiensi dan daya tahan yang lebih tinggi sehingga cocok untuk penggunaan jangka panjang.

4. Pilih Opsi Pembayaran yang Tepat

Selain melalui uang tunai atau kartu debit, Anda juga bisa mencari apakah ada beragam metode pembayaran lainnya seperti kredit. Mungkin ada vendor yang menawarkan pembelian AC melalui paket cicilan tanpa biaya selama beberapa bulan. Hal ini mungkin bisa jadi solusi yang tepat untuk Anda tanpa harus memberikan beban keuangan yang baru.

5. Nilai Ukuran Ruangan

Sesuaikan kapasitas AC dengan dimensi ruangan tempat dipasang AC. Hindari AC dengan ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil karena akan memengaruhi efisiensi pendinginan.

Biasanya, AC 1 ton cocok untuk ruangan yang berukuran 100-120 kaki persegi sedangkan ruangan yang lebih besar memerlukan unit 1,5 atau 2 ton. Utamakan penyesuaian kapasitas AC dengan ukuran ruangan Anda agar kinerjanya tetap optimal.

Itu tadi beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum mantap membeli AC secara online.

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories