5 Kesalahan Umum yang Perlu Dihindari Saat Menggunakan Aplikasi Kencan Online

5 Kesalahan Umum yang Perlu Dihindari Saat Menggunakan Aplikasi Kencan Online (Freepik)

JAKARTA - Saat ini, terdapat banyak aplikasi kencan online yang dapat membantu Anda dalam mencari teman atau pasangan. Bahkan, kini banyak orang yang tidak ragu atau enggan lagi menggunakan aplikasi kencan online.

Meskipun demikian, ternyata masih banyak kesalahan umum yang seringkali dilakukan oleh pengguna aplikasi kencan online. Agar dapat menghindari risiko dan bahaya yang mungkin timbul dari penggunaan aplikasi kencan online, sebaiknya Anda berupaya untuk menghindari beberapa kesalahan umum berikut ini.

Kesalahan Umum Ketika Menggunakan Aplikasi Kencan Online

1. Terlalu Banyak Mengungkapkan Informasi Pribadi

Aplikasi kencan online mungkin tidak menampilkan teman bersama seperti media sosial pada umumnya. Namun, Anda masih memiliki opsi untuk menghubungkan profil media sosial Anda ke aplikasi kencan online tersebut. 

Hal tersebut sebaiknya dihindari karena memberikan terlalu banyak informasi pribadi kepada orang asing dapat menjadi tidak aman dan potensial untuk disalahgunakan.

2. Berbohong di Aplikasi Kencan Online

Anda memang tidak disarankan untuk memberikan terlalu banyak informasi pribadi di aplikasi kencan online. Meskipun demikian, sebaiknya hindari memberikan informasi palsu di aplikasi tersebut. 

Hal ini karena menggunakan nama palsu dapat menciptakan kesan bahwa Anda terlibat dalam praktik penipuan, seperti catfishing atau peniruan identitas.

3. Tidak Memeriksa Usia yang Matched dengan Anda

Aplikasi kencan online umumnya memiliki batasan usia, seperti Tinder yang hanya terbuka bagi pengguna berusia 18 tahun atau lebih. Meskipun pihak aplikasi berusaha mencegah akses pengguna di bawah umur, masih ada kemungkinan pelanggaran aturan tersebut. Selain itu, seseorang dapat menyembunyikan usia mereka di aplikasi, yang dapat membawa risiko jika Anda bertemu secara langsung.

4. Salah Memilih Foto Profil

Seperti saat melamar pekerjaan, pemilihan foto profil yang baik di aplikasi kencan online juga penting. Foto profil yang baik dapat menciptakan kesan yang positif. Sebaiknya hindari menggunakan foto profil yang mencakup teman-teman atau saudara Anda.

5. Terjebak pada Profil Palsu

Meskipun aplikasi kencan online menjadi tempat populer untuk mencari pasangan, pengguna seringkali menemui profil palsu. Profil palsu ini dapat dimanfaatkan oleh bot atau individu yang terlibat dalam penipuan, seperti catfishing di Tinder.

Itu tadi beberapa kesalahan umum yang sebaiknya dihindari saat menggunakan aplikasi kencan online.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories